DPRD Abdul Latif: Medan Utara Minim SMP dan SMA

0
46
Anggota DPRD Medan Abdul Latief Lubis

Medan-Intipnews.com: DPRD Medan Abdul Latief Lubis menyebut masih minimnya SMP maupun SMA di Medan bagian utara yaitu Medan Marelan, Medan Deli, Medan Labuhan, dan Medan Belawan.

“Di Marelan hanya ada SMAN 16, SMA juga minim di Labuhan hanya dua SMAN 9 dan SMAN 19 dan SMKN 12. Namun di Belawan dan Medandeli tidak ada. Di sana sudah tercover dengan SMA swasta Hangtuah Belawan, yang negeri tak ada,” papar Legislator Abdul Latif.

Sementara di Medan Marelan SMPN 20 dan SMPN 44 di Medan Labuhan. “Di Medan Deli tidak ada sama sekali SMPN,” ujarnya. Dengan jumlah 9.000 jiwa penduduk di Medan Utara, masyarakat masih mengeluhkan sarana sekolah SMPN maupun SMAN Negeri yang terbatas.

Selain itu, ujarnya, angka siswa putus sekolah masih tinggi di Medan Utara, tidak tamat sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan karena faktor ekonomi dan kesadaran orang tua. Sehingga mereka lebih memilih bekerja di usia yang masih muda.

“Kalau kita lihat di Labuhan Deli, Belawan banyak kita dapati seperti itu. Mereka paling bisa tamat SD, selesai itu melaut ya mungkin ekonomi mereka menengah ke bawah. Langsung cari pekerjaan mencuci boat,” katanya.

Abdul Latief berharap Pemerintahan Kota Medan dapat membangun sarana sekolah SMPN maupun SMAN di Medan Utara. “Saya berharap, sebagaimana kita ketahui APBD anggaran yang cukup banyak. Pemko Medan mengarahkan anggaran untuk sarana pendidikan di Medan Utara,” ungkapnya di kantor DPRD Medan, Rabu 27 November 2019.

  • Laporan Roni Neliati
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini