DPRD Desak Pemko Medan Fokus Cegah Covid 19

46
Sekretaris fraksi DPRD Medan Drs Daniel Pinem. Foto Istimewa

Akhyar Nasution diminta supaya meningkatkan pengawasan, guna menghindari kebocoran dan penyelewengan PAD,…”

Medan-Intipnews.com:Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan mendesak Pemko Medan agar fokus melakukan pencegahan penyebaran Covid 19. Gugus tugas percepatan penanganan [GTPP] Covid 19 Medan diminta tegas menerapkan Perwal No 11 tahun 2020 tentang karantina kesehatan.

“Pemko Medan supaya fokus dan maksimal menerapkan Perwal dengan alokasi anggaran Rp 510 miliar untuk pencegahan Covid 19,” demikian tegas sekretaris fraksi DPRD Medan Drs Daniel Pinem dalam pemandangan umumnya terhadap rancangan perubahan APBD [RP-APBD] Pemko Medan 2020 dalam rapat paripurna dewan, Senin 7 September 2020).

Daniel Pinem mengaku, pihaknya prihatin dengan meningkatnya warga Kota Medan yang positif terinfeksi Covid 19. Peningkatan itu terlihat sejak 26 Agustus 2020 sd 5 September 2020 jumlah warga Medan positif Covid 19 144 orang.

Sementara terkait keuangan perubahan APBD 2020 dimana pendapatan daerah Pemko Medan sebelum perubahan senilai Rp 6,09 Triliun lebih, dan setelah perubahan diproyeksikan Rp 4,69 Triliun atau menurun Rp 1,39 Triliun. Fraksi PDI P dapat memahami karena situasi Covid 19.

Namun kata Daniel, pihaknya mengingatkan dan mendesak agar dinas terkait dengan pengelolaan pajak daerah dan retribusi tetap optimis untuk menggali potensi penerimaan pendapatan asli daerah [PAD] di luar pajak daerah dan retribusi daerah.

“Sumber daya manusia [SDM] yang ada di Pemko Medan bila digerakkan dan dikelola secara maksimal pasti akan menghasilkan sumber keuangan yang maksimal. Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution diminta supaya meningkatkan pengawasan guna menghindari kebocoran dan penyelewengan PAD,” ujar Daniel Pinem. *Itp-03