Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor

Medan-Intipnews.com:Lomba Mazmur merupakan salah satu upaya peningkatan iman Kekatholikan. Namun anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor mempertanyaan, kenapa justru Dinas Kebudayaan [Disbud] Medan menyerahkannya ke Even Organizer [EO].

Umat Katholik baru baru ini melaksanakan Lomba Bermazmur  di Chatolic Center yang dianggarkan Dinas Kebudayaan  mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Antonius Jumat 22 November 2019 kepada wartawan, bagi umat Katholik Mazmur itu merupakan salah satu bagian tata ibadah misa di Gereja Katholik. Untuk melantumkan Mazmur itu butuh keahlian tersendiri karena tidak semua umat punya talenta melantumkannya.

“Kita tahu program itu untuk umat Katholik. Seharusnya diberikan pengelolaan kegiatan lomba bermazmur itu kepada umat Katholik, atau lembaga yang berkompeten di bawah naungan Gereja Katholik,” ungkap Antonius Devolis Tumanggor.

Kalau seperti ini sistemnya, lanjut Antonius, berarti yang untung EO-nya dan yang sukses itu Dinas Kebudayaan. “Jadi,…peran umat Katholiknya di mana. Apa hanya sebatas datang berlomba,” kata Devolis dengan nada bertanya.

Umat Bukan Hanya Penonton

Bila merujuk kepada Permendag No 35 Tahun 2016 tentang pembentukan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katholik bahwa pesta paduan suara Gerejani merupakan salah satu pembinaan keimanan dan ketakwaan umat Katholik.

Lomba Mazmur juga merupakan salah satu bagian dari pesta paduan suara Gerejani sehingga penanganannya sebaiknya diserahkan kepada LPP Pesparani Gereja Katholik Kota Medan.

Dalam hal ini, Pemko Medan sebaiknya segera membentuk lembaga Pesparani Gereja Katholik Kota Medan. Dengan demikian, lomba Mazmur bisa disatukan dengan festival paduan suara Gerejani Katholik, tutur Tumanggor.

Dengan demikian, umat akan terlibat langsung melaksanakan lomba Mazmur dan paduan suara Gerejani, dan umat bukan hanya sebagai penonton karena diserahkannya ke pihak EO. *Itp-03

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini