Dua Pukat Trawl Ditangkap di Perairan Aceh Timur

5
Dua Pukat Trawl Ditangkap di Perairan Aceh Timur
Foto: Istimewa

JakartaIntipnews: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap dua kapal ikan Indonesia yang mengoperasikan alat tangkap pukat trawl di wilayah perairan Kabupaten Aceh Timur.

“Kami telah mengamankan dua kapal ikan berbendera Indonesia di wilayah perairan Aceh Timur pada Jumat (3/9),” kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (5/9/2021).

Dia mengatakan, penangkapan terhadap kapal-kapal yang mengoperasikan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan ini untuk melaksanakan tata kelola perikanan berkelanjutan dan mencegah eskalasi konflik horizontal antarnelayan di kawasan perairan nasional.

Adin menjelaskan, operasi pengawasan yang dilakukan oleh Kapal Pengawas Perikanan Hiu 08 melakukan penghentian, pemeriksaan dan penahanan dua kapal yang diduga melakukan penangkapan ikan dengan alat tangkap yang telah dilarang.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, kedua kapal tersebut diketahui juga tidak dilengkapi dengan perizinan usaha perikanan sebagaimana yang dipersyaratkan.

“Dua kapal pukat trawl yang ditangkap adalah KM Laksamana (bobot 20 gross tonnage/GT) dan KM Budi Jaya (7 GT), kedua kapal tersebut kami adhoc ke Pangkalan PSDKP Lampulo untuk proses hukum lebih lanjut,” jelas Adin. *nd/itp.04