Dugaan Korupsi Bansos Rp100 T di Seluruh Daerah, KPK Tindaklanjuti

0
25
Penyidik KPK Novel Baswedan ke Komnas HAM. Foto Istimewa

“Segera diungkap mega korupsi melibatkan banyak pejabat di daerah,…”

JakartaIntipnews.com: Kasus korupsi bantuan sosial [bansos] Covid19 mencapai Rp 100 triliun, terjadi di seluruh daerah di Indonesia, demikian diungkapkan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] Novel Baswedan.

Politisi Partai Amanat Nasional Guspardi Gaus merespons, aparat penegak hukum dan KPK harus segera turun tangan mendalami dan menindaklanjuti lebih jauh dugaan kasus korupsi Bansos Covid 19, agar menjadi terang benderang.


Informasi dihimpun Intipnews.com, Jumat 21 Mei 2021, menurut Novel kasus dugaan korupsi Bansos terjadi di seluruh daerah di Indonesia dengan pola yang sama sehingga perlu penyelidikan lebih lanjut.


“Ini kasus mesti diteliti lebih jauh. Kasus ini nilainya puluhan triliun. Bahkan saya rasa seratus triliun nilai proyeknya dan ini korupsi terbesar yang saya pernah perhatikan,” kata Novel dilansir media massa, Senin [17/5/2021].


Disebutkan Novel, untuk kasus bansos Covid 19, KPK melakukan operasi tangkap tangan hanya untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dan kasusnya sudah masuk ke sidang. Namun bagaimana dengan yang terjadi seluruh daerah.


“Jika benar apa yang dilontarkan oleh Novel Baswedan itu, merupakan sebuah tsunami besar bagi pemberantasan korupsi di Indonesia,”ujar politisi PAN Guspardi Gaus Guspardi, dilansir laman resmi DPR RI, Kamis [20/5/2021].


Legislator asal Sumatera Barat ini meminta Novel dapat membuktikan omongannya tentang dugaan korupsi bansos yang nilainya sangat luar biasa tersebut. Sebagaimana diungkap Novel Baswedan bahwa nilai korupsi bansos Covid 19 di berbagai daerah

Guspardi yang juga menjabat Anggota DPR Komisi 2 mengatakan perlu pendalaman lebih lanjut informasi yang diberikan Novel dan menjadi tantangan pembuktian bagi KPK.


Disebutnya, ini tentunya merupakan salah satu upaya pengungkapan kasus skandal mega korupsi yang paling masif dan akan melibatkan banyak pejabat di daerah dan harus segera diungkap,” imbuhnya.

Dugaan korupsi dana bansos Covid 19 senilai Rp100 triliun ramai dibahas dan diperbincangkan warganet. Lebih dari 164.000 warganet membahas hal itu dengan tema “100 T” hingga menjadi trending topik di media sosial Twitter.

* Itp-17