Dugaan Korupsi Dana Hibah, Kantor KPU Sergai Digeledah

0
4
KantorKPU Sergai digeledah dan disegel. Foto Istimewa

SergaiIntipnews.com:Diduga terkait kasus korupsi dana hibah, Kantor Komisi Pemilihan Umum [KPU] Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara, disegel dan digeledah Kejaksaan Negeri [Kejari] Sergai, Kamis [20/5/21] pagi.

Demikian disebutkan Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara [Kejatisu] Sumanggar Siagian, sebagaimana dilansir Merdeka.com.

Dijelaskan Sumanggar kepada wartawan, penggeledahan kantor KPU) Kabupaten Sergai berkaitan dengan kasus dugaan dana hibah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2019 serta 2020.

Penggeledahan itu untuk mencari alat bukti dalam dugaan kasus korupsi tersebut. Sebelumnya, Sumanggar Siagian juga mengatakan, penggeledahan itu berkaitan dengan penggelembungan suara Pilkada di wilayah Sergai.


“Berkaitan dengan tindak pidana korupsi penggunaan dana hibah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2019 serta 2020. Di mana tim penyidik yang langsung dipimpin Elon Pasaribu melakukan penggeledahan untuk mencari alat bukti kasus tersebut,” kata Sumanggar, Kamis [20/5].

Saat ini dugaan kasus korupsi itu masih dalam tahap penyelidikan oleh tim Pidsus Kejaksaan Negeri [Kejari] Sergai. Sudah dalam tahap penyidikan di seksi Pidsus Kejari Sergai.

“Tim melakukan pencarian alat bukti dan pendalaman untuk pemeriksaan saksi atau tersangka. Ini untuk mencari alat bukti dahulu,” ungkap Sumanggar.

Kerugian negara, tuturnya, untuk sementara belum ada, kami mengarah ke perhitungan karena masih mencari alat bukti. Nanti kita informasikan ke rekan-rekan,” tukas Sumanggar.

Sementara dilaporkan Intipnews.com Sergai, M Yamin Nasution, kantor KPU di Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, Sergai disegel dengan plastik bergaris-garis warna merah putih bertulisan Kejaksaan RI di jalan masuk ke halaman kantor KPU dan pintu masuk ke dalam kantor.

Di halaman kantor terlihat 2 personal Kejari Sergai berjaga-jaga dan personel Polres Sergai. Namun tidak ada satupun komisioner atau staf KPU Sergai yang terlihat di seputar kantor tersebut.


Kedatangan penyidik ini menjadi perhatian masyarakat sekitar termasuk para awak media. Namun sejauh ini, belum ada keterangan resmi terkait penggeledahan tersebut.


Komisioner KPU Sumut Yulhasni mengaku hanya mendapat informasi Kantor KPU Sergai digeledah. “Belum tau apa masalahnya. Kami masih menunggu informasi apa persoalan di sana,” kata Yulhasni