Duh! DPRD Renvile: Retribusi Penguburan di TPU Pemko Medan Rp 3 Jt

0
7
Anggota DPRD Medan Renvile Pandapotan Napitupulu. Foto Istimewa

“Sudah seharusnya, DKP Kota Medan memasang plang mengumumkan biaya retribusi pemakaman yang resmi Rp 200 ribu, sehingga masyarakat tahu…”

Medan-Intipnews.com:Anggota DPRD Medan Renville Napitupulu mengaku, saat menguburkan keluahganya di TPU milik Pemko Medan harus membayar Rp 3 juta. Waduh, dia sangat terkejut ketika mendengar biaya retribusi penguburan di TPU Pemko Medan hanya Rp 200 ribu.

Karena ketidaktahuannya sebelumnya atas retribusi yang sebenarnya, Ketua DPC PSI Kota Medan Renvile ini harus membayar Rp 3 juta. Maka, dia berharap, ada aturan yang pasti kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan [DKP] kota Medan, supaya tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum di lapangan.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Kamis 4 Februari 2021, ketua komisi 4 DPRD Kota Medan, Paul Mei Anton Simanjuntak menyayangkan tidak adanya transparansi para petugas pemelihara Tempat Pemakamanan Umum [TPU] milik Pemko Medan. Dengan memasang plang tarif retribusi penguburan, masyarakat jadi tahu biaya penguburan yang benar di TPU.

Menurut Paul, ada kesan pembiaran yang dilakukan olek oknum petugas pemeliharaan kuburan milik Pemko Medan, agar warga masyarakat ketika hendak menguburkan sanak keluarganya tidak mengetahui tarif resmi, sehingga bisa bespekulasi.