Farid Husain, Juru Damai RI-GAM, Poso, Ambon, Papua, Afganistan Meninggal Dunia

0
7
dr Farid Wajdi Husain semasa hidupnya. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Juru damai Sejumlah konflik besar, mulai dari Aceh-RI, Poso, Ambon, Papua, hingga Afganistan, dr Farid Wajdi Husain meninggal dunia, Selasa 23 Maret 2021 malam. Farid Husin juga mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia [IDI Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat [Sulselbar].

Almarhum Farid Husin, sempat dirawat sejak 15 Maret 2021 di RS Wahidin Sudirohusodo. Karena kondisinya menurun drastis, dia mendapat perawatan intensif di ruangan infection center. Pria 71 tahun itu akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Selasa malam setelah dinyatakan positif Covid19.

“Telah berpulang ke rahmatullah, suami/kakek/ayahanda/paman kami tercinta Farid Wajdi Husain pada pukul 20.18 WITA, Selasa,” ujar Langgo Farid sebagai keluarga dari Farid Wajdi melalui pesan tertulisnya. Jusuf Kalla [JK] mengakui Farid sebagai tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif menyelesaikan berbagai konflik di Tanah Air.

“Dokter Farid, seorang tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif dalam penyelesaian konflik Poso, Ambon dan Aceh. Jasanya sangat besar kepada negara,” ujar JK dalam keterangan tertulisnya.

Farid mulai terlibat dalam penyelesaian konflik sejak menjadi staf JK yang saat itu menjabat Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat [Menko Kesra]. Dia mengisi jabatan Staf Ahli Menko Kesra Bidang Peran Serta Masyarakat [2001-2002] lalu diangkat menjadi Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Kesehatan dan Lingkungan Hidup [2002-2005]. * Tsc