Gaji PNS 2022 Naik? Tunggu Jawabannya Senin 16 Agustus 2021

10
Gaji PNS 2022 Naik
Ilustrasi. (Foto: Ist)

JakartaIntipnews: Pemerintah sejak beberapa bulan lalu dilaporkan tengah menyiapkan bahan rumusan untuk penghitungan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini pun memunculkan kabar bahwa gaji PNS kemungkinan akan naik pada 2022.

Kenaikan gaji PNS sendiri biasanya diumumkan pada saat pembacaan nota keuangan, dibacakan sehari jelang peringatan HUT RI 17 Agustus, atau tepatnya pada 16 Agustus. Jika merujuk pada hal ini dan tidak ada perubahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato nota keuangan pada Senin 16 Agustus 2021.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatarwata, menolak memberikan rincian informasi mengenai rencana kenaikan gaji PNS pada 2022. Ia meminta untuk menunggu Presiden Jokowi membacakan nota keuangan pada Senin depan.

“Kita ikuti bersama pidato Bapak Presiden ya,” kata Isa, Sabtu 14 Agustus 2021.

Adapun gaji Pegawai Negeri Sipil atau PNS saat ini diatur berdasarkan golongannya. Pengaturan tentang pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini saling terkait dengan pengaturan tentang gaji PNS, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Gaji PNS yang telah diubah delapan belas kali, terakhir dengan PP Nomor 15 Tahun 2019. * Itp.04