GM I Panggabean-Farianda Putra Sinik: PWI Jalankan Sosial Kontrol

0
21
GM I Panggabean-Farianda Putra Sinik
GM I Panggabean-Farianda Putra Sinik: PWI jalankan sosial kontrol. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:GM Immanuel Panggabean-Farianda Putra Sinik: PWI Sumut jalankan sosial kontrol. Hal itu terungkap saat berdialog antara tokoh pers Sumatera Utara [Sumut], GM Immanuel Panggabean dan Farianda Putra Sinik di Jakarta, kemarin.

“Pers nasional harus mampu memainkan peran konstruktif dalam memaknai pembangunan bangsa. Sekaligus tetap memiliki komitmen menjalankan fungsi sosial kontrol yang menjadi amanah UU Pers,” ungkap Pemimpin Redaksi [Pemred] Harian Sinar Indonesia Baru [SIB] GM Immanuel Panggabean.

GM Immanuel Panggabean-Farianda Putra Sinik: PWI Sumut jalankan sosial kontrol, menurut Imanuel Panggabean sinergitas antara pers dan pemerintah harus terus dikembangkan. Termasuk berkontribusi memberi sumbangsih pemikiran tanpa mengabaikan fungsi kritik. Di sinilah makna sinergitas itu sebenarnya.

“Organisasi profesi PWI harus mampu berperan membentuk karakteristik wartawan yang dibutuhkan profesionalisme,” ujar GM Immanuel Panggabean. Peran pers bukan hanya sekadar menyampaikan informasi kepada publik, harus mampu menjadi acuan bagi kesinambungan pembangunan bangsa, termasuk di Sumut.

Langkah ini, lanjutnya, harus dipersiapkan secara matang. Karena tantangan pers ke depan semakin kompleks dan dinamis. Terutama menghadapi era digitalisasi saat ini. Dalam konteks inilah, Immanuel berharap agar PWI menjadi ‘rumah besar’ para wartawan, dalam menggodok berbagai problematika bangsa, termasuk hal-hal yang dihadapi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Pemred] Harian Sinar Indonesia Baru [SIB] GM Immanuel Panggabean & Farianda Putra Sinik

Dalam diskusi di Jakarta ini, Immanuel Panggabean menyambut positif dan merespon Farianda Putra Sinik yang siap memimpin PWI Sumatera Utara ke depan. “Farianda harus mampu memainkan peran itu. Meningkatkan kualitas SDM wartawan, harus diarahkan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan regulasi atau aturan pers yang berlaku lainnya,” tambah Panggabean.

Farianda menyatakan siap! Mengemban amanah yang disampaikan seniornya, Immanuel Panggabean. “Siap bang. Insya Allah semua yang abangda sampaikan akan saya implementasikan di PWI Sumut ke depan. Menegakkan profesionalisme pers, dan menjalankan sosial kontrol,” tegas Farianda.

Diketahui, pemilihan Ketua PWI Sumut berlangsung 29-31 Juli mendatang. Pemred Harian SIB ini menilai, semua anggota PWI Sumut berhak mencalonkan diri, namun hendaknya sosok Ketua PWI Sumut ke depan harus mampu mengangkat marwah dan martabat organisasi menjadi lebih baik.

Immanuel Panggabean mengajak jajaran pengurus PWI Sumatera Utara menggali potensi pemikiran para tokoh-tokoh pers Sumatera Utara. “Dulu setahu saya ada Forum Redaktur yang digagas Bung Syahrir saat memimpin PWI Sumut. Forum ini sangat bagus, sayang enggak diteruskan,” tukasnya.

Immanuel menyinggung perlunya dibuat lembaga pendidikan atau semacam badan khusus yang menangani pendidikan bagi para wartawan. Melibatkan tokoh-tokoh senior yang sudah malang melintang di dunia jurnalistik. Farianda Putra Sinik mengaminkan masukan itu, menyadari jurnalistik masa kini mengalami perubahan besar, tak bisa lagi dijalankan dengan pola pikir yang lama. Farianda mengapresiasi berbagai masukan dari GM Immanuel Panggabean.

“Ayah saya Ibrahim Sinik bagian yang tak terpisahkan dari PWI Sumut, dan sudah menjadi tekad saya untuk melanjutkan amanah ayah membangun PWI Sumut,” tandas Ketua Serikat Perusahaan Pers [SPS] Sumatera Utara ini.

Itp-17