Masyarakat ketika memandang matahari di laangit Nias saat berlangsung GMC

Gunungsitoli-Intipnews.com:Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin [GMC] terlihat cukup lama di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Kamis 26 Desember 2019. GMC yang menyebabkan situasi cukup gelap menjadi perhatian warga Gunungsitoli dan warga berusaha mengabadikan momen langka tersebut dengan kamera android.

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika [BMKG] Gunungsitoli Buha Simanjutak, Kamis, membenarkan jika fenomena alam yang terjadi adalah GMC. Menurut dia, Stageof Gunungsitoli dan BMKG pusat kebetulan mengadakan pengamatan GMC terlihat jelas di Kepulauan Nias.

GMC terlihat kontak pertama pukul 10.09.59 WIB, lalu puncak GMC pukul 11.59.31 WIB dan kontak terakhir pukul 13.58.21 WIB. “GMC terlihat di Kepulauan Nias saat diamati di Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara durasinya adalah 3 jam, 48 menit, 22,5 detik dengan magnitudo gerhana 0,970,” terangnya.

Pada saat yang sama, dia memgimbau masyarakat  agar tidak melihat GMC secara langsung atau dengan mata telanjang. Sebaiknya melihat dengan memakai kacamata khusus.

  • Lpaoran Irwanto Hulu
  • Bagikan Berita Ini

#intipnews.com

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini