Sergai-Intipnewws.com:Dinilai memiliki potensi pertanian yang baik, Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara Senin [21/9] mendapat kunjungan kerja [kunker] dari Forkopimda Provinsi Bangka Belitung [Babel] mempelajari Budidaya Kelapa Genjah Pandan Wangi [foto].

Kunker berlangsung di di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin dan Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan, Sergai. Rombongan terdiri dari Gubernur Provinsi Babel DR H Erzaldi Rosman Djohan beserta unsur Forkopimda, Kepala Balitbang Tanaman Palma Kementan RI Dr Ir Ismail Maskromo, M.Si.

Juga Ketua TP PKK Provinsi Babel, Sekda Babel Naziarto, jajaran OPD terkait, disambut Bupati Sergai diwakili Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, Kapolres AKBP Robin Simatupang, Kadis Pertanian Radianto Panjis SP MMA, Camat Pantai Cermin Aminuddin, S.Sos, Camat Pegajahan Jurna Elvida, SE, Muspika, Kepala Desa, TP PKK kecamatan.

Menurut Gubernur Babel DR H Erzaldi Rosman Djohan, ini akan menjadi salah satu peluang tidak saja bagi para petani, peluang jual untuk kawasan-kawasan wisata yang ada di Babel. Harapannya, katanya lagi, kita akan mendorong para petani kita untuk menanam Kelapa Genjah Pandan Wangi ini, dengan nilai tambahnya lebih dari kelapa biasa.

Dikesempatan yang sama, Kepala Balitbang Tanaman Palma Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Ismail Maskromo, M.Si mengemukakan, Kelapa Genjah Pandan Wangi adalah salah satu kelapa eksotik dengan karakter spesifik pada buahnya.

Aroma wangi pandan pada sabut, air dan daging buahnya serta citarasa pandan dan manis pada air dan daging buahnya, menjadi ciri khas kelapa yang diketahui berasal dari Thailand dengan nama ‘Aromatic Nam Hom Coconuts’.

Usai peninjauan budidaya Kelapa Genjah Pandan Wangi didampingi Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, rombongan meninjau lokasi persawahan manunggal pola kerjasama TNI-Polri-Pemkab Sergai di Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan.

  • Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini