Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada pembukaan Festival Danau Toba di Parapat, Simalungun

“Orang datang ke sini mau menikmati danau. Jadi harus bersih. Dulu Danau Toba ini ada, tanpa ada keramba, jadi bersih dia,…”

Parapat-Intipnews.com:“Presiden Jokowi menetapkan 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia selain Bali. Paling prioritas di antaranya, nomor satu ya Danau Toba. Jadi jangan dirusak danau kita. Kalau ada bangunan yang menutup danau, singkirkan.”

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Utara [Gubsu] Edy Rahmayadi saat membuka Festival Danau Toba [FDT] bermula Senin 9 Desember dan berlangsung hingga 12 Desember 2019.

Suasana melibatkan ribuan orang dan mengundang banyak pasang mata ingin menyaksikan berbagai atraksi dan perlombaan di Danau Toba dan sekitarnya. Ditampilkan Tortor Somba, Tarian Kolosal Multi Etnis hingga pemakaian Bulang Sulappei oleh para pelajar dari sejumlah kabupaten hingga penampilan artis ibukota.

“Presiden Jokowi menetapkan ada 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia selain Bali. Dan yang paling prioritas di antaranya, nomor satu ya Danau Toba. Jadi jangan dirusak danau kita. Kalau ada bangunan yang menutup danau, singkirkan,” sebut Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Menurut Gubsu Edy, yang menjadi nilai jual Danau Toba adalah keindahan dan kemanfaatan air. Sehingga ke depan faktor penting itu harus dijaga dengan serius. “Orang datang ke sini mau menikmati danau. Jadi harus bersih. Ini anugerah Tuhan YME yang harus kita jaga. Dulu Danau Toba ini ada, tanpa ada keramba, jadi bersih dia,” tegasnya.

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, mewakili daerah sekawasan Danau Toba, Menyebutkan, “Mari kita sambut, agar FDT ini meriah. Kami akan memberikan yang terbaik untuk menjadikan Danau Toba diminati masyarakat luas.”

Hadir pada pembukaan FDT, Bupati Simalungun JR Saragih, Direktur BPODT Arie Prasetyo,  Senior Manager MURI Yusuf Ngadri, Perwakilan DPRD Sumut, unsur Forkopimda Simalungun, serta para tokoh masyarakat.

  • Laporan Roni Neliati
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini