Gubsu Edy di Simalungun: Jangan Ada IMB di Lahan Pertanian

0
54
Gubsu Edy Rahmayadi bersama istri Nawal Edy menanam jagung selain memanen padi

Simalungun-Intipnews.com:Pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara [Pemprovsu] dalam upaya membangun desa menata kota, menuju Sumut yang agraris dan bermartabat.

Antara lain dengan melestarikan lahan pertanian dan tidak [jangan] memberikan Izin Mendirikan Bangunan [IMB] di lahan pertanian. Demikian disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri Gerakan Panen Padi di Nagori [desa] Maligas Bayu dan Nagori Mancuk, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Senin 9 Desember 2019.

Menurut Gubernur, kebutuhan bahan pangan khususnya beras, terus meningkat, seiring bertambahnya jumlah penduduk di daerah ini. Namun di sisi lain, luas lahan pertanian terus berkurang dan semakin menyempit.

Karena itu, pemerintah kabupaten/kota diminta kerja sama untuk tidak memberikan IMB kepada siapa pun yang ingin mendirikan bangunan di atas lahan pertanian. Sebab, biasanya, kalau jalannya sudah bagus, orang akan berlomba mendirikan bangunan.

“Saya minta, Pak Bupati [Simalungun]agar jangan dikasi itu IMB. Nanti bisa habis lahan kita,” tegas Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi. Diakui Gubernur, undangan menanam atau memanen di lahan pertanian rakyat, lebih ia senangi. Artinya dari sektor pertanian, Sumut harus bisa maju dan semakin bermartabat di masa mendatang.

Selain itu, Edy menyampaikan rencana pemberian bantuan ternak sebanyak 50 ekor sapi dan 100 ekor domba. Tujuannya tidak hanya untuk menambah pasokan daging di Sumut, tetapi juga dari aktivitas sektor peternakan, bisa menghasilkan pupuk organik dari kotoran hewan tersebut.

  • Laporan Roni Neliati
  • Bagikan berita ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini