Batubara-Intipnews.com:Pak Zahir teruslah berkarya dan berbuat kebaikan untuk menolong rakyat kita. Saya sangat mengapresiasi niat baik Bupati Batubara dalam wujud nyata menolong masyarakatnya, dengan menghadirkan mobil PCR ini.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Utara [Gubsu] Edy Rahmayadi di halaman Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan Rabu 23 September 2020) pada acara pelepasan dan peluncuran mobil PCR Covid 19 untuk Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara [foto].

Gubsu juga mengatakan, pihaknya melalui Satuan Tugas [Satgas) penanganan Covid 19 juga akan membantu satu unit Peralatan Polymerase Chain Reaction [PCR] kepada Pemkab Batubara mengingat posisi daerah kawasan strategis nasional yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

“Peralatan Laboratorium PCR ini akan distribusikan langsung kepada Pemkab Batubara selain Kepulauan Nias dan Padangsidempuan,” jelas Edy. Kepada wartawan, Bupati H Zahir M.AP mengatakan, keberadaan mobil PCR ini sangat membantu masyarakat Batubara.

Kadis Kesehatan Batu Bara drg Wahid Khusyairi MM menjelaskan, Fast lab mobile combat untuk Kabupaten Batubara terdiri dari 1 mesin PCR dengan kapasitas 1 kali running sebanyak 8 sampel.

Proses yang terjadi di dalam mobile combat PCR terdiri dari proses swab, proses ekstraksi dan proses analis, total waktu yang diperlukan dari proses swab sampai analis dengan PCR memerlukan waktu kurang lebih 1.5 jam, dalam satu hari kapasitas sampel bisa mencapai 100-200 sampel ” jelas Wahid.

  • Laporan Joni Iskandar

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini