Gubsu Edy Resmikan Integrated Laboratory Wahdatul Ulum UIN Sumut

8
Gubsu Edy Resmikan Integrated Laboratory
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menghadiri sekaligus meresmikan Integrated Laboratory Wahdatul Ulum Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, di Komplek Kampus UIN Jalan Lapangan Golf, Kampung Tengah, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Kamis (12/8/2021). (Foto: Ist)

DeliserdangIntipnews: Gubsu Edy Rahmayadi mengapresiasi kemajuan sarana dan prasarana pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut. Salah satunya Integrated Laboratory Wahdatul Ulum UIN Sumut, yang diharapkan dapat menjadi kebanggaan Sumut. Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat meresmikan Integrated Laboratory Wahdatul Ulum di Kampus IV UIN Sumut, Jalan Lapangan Golf, Kampung Tengah, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Kamis 12 Agustus 2021.

“UIN Sumut adalah kebanggaan Sumut. Lulusan UIN yang dulunya IAIN, ke depan akan menjadi tokoh dalam kemajuan ilmu di Indonesia. Saya percaya UIN ini, kalau dipimpin oleh orang berjiwa besar maka akan terlahir tokoh yang berilmu nantinya,” ucap Gubsu Edy Rahmayadi. 

Hadir di antaranya Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap, Kepala Laboratorium Fakultas Sain dan Teknologi Husnarika Febriani, Kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat Yulia Khairina, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut Mhd Fitriyus.

Pada kesempatan itu, Gubsu Edy Rahmayadi menceritakan, bahwa dirinya sangat gemar melihat dan mengunjungi universitas dalam negeri bahkan luar negeri. Tujuannya, melihat kemajuan dunia pendidikan, kultur, sarana prasarana, bahkan suasana pendidikan yang ada di daerah tersebut. 

Menurutnya, tingkat kemajuan pendidikan di luar negeri sangat didorong oleh sarana dan prasarana hingga suasana belajar siswa. Karenanya, Edy berharap kemajuan dunia pendidikan di luar negeri tersebut dapat diaplikasikan di Indonesia dan Sumut khususnya. 

“Yang saya ambil hikmah dari kunjungan itu yakni bagaimana pengembangan ilmu pengetahuan di sana dapat diaplikasikan di Indonesia, Sumut terkhusus dan untuk masyarakat. Ke depan UIN Sumut dapat dibentuk ruangan belajar dan lokasi kampus untuk lebih asri lagi, agar kenyamanan belajar mahasiswa dapat lebih fokus,” katanya. 

Sementara itu, Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap mengatakan, UIN Sumut adalah aset terbesar umat Islam di Sumut. Dengan adanya laboratorium terintegrasi ini akan dapat mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan di daerah ini, yakni penyatuan antara agama dan ilmu pengetahuan. Diharapkan laboratorium ini akan mendapat akreditasi dari dunia internasional. 

“Kami sangat bersyukur dengan adanya laboratorium ini yang sudah sangat lengkap, karena visi pengembangan ilmu di UIN Sumut ini adalah penyatuan antara ilmu agama dan ilmu lainnya yang sesuai namanya Wahdatul Ulum,” ucap Syahrin. 

Dijelaskannya, Integrated Laboratory Wahdatul Ulum terdiri dari Laboratorium Elektronik, Biologi Molekular, Komputer dan lainnya. Harapannya dengan adanya Laboratoium Biologi Molekular nantinya dapat membantu tes PCR dalam penangan pandemi Covid-19 di Sumut. 

Usai menggunting pita meresmikan laboratorium tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap dan rombongan, juga melihat langsung ruangan laboratorium tersebut satu per satu.**