Gubsu: Medan dan 14 Kota Lainnya Segera PPKM Darurat

23
Gubsu Edy Sebut

MedanIntipnews:Gubsu Edy Rahmayadi menegaskan siap melaksanakan ketetapan Pemerintah Pusat tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat [PPKM] Darurat di 15 kota di luar Pulau Jawa dan Bali, termasuk Kota Medan.

Hal itu disampaikan Gubsu Edy [foto], usai menggelar video conference [vidcon] bersama sejumlah kepala daerah. dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat [9/7/21].

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam vidcon tersebut menyampaikan, kebijakan tersebut berdasarkan perkembangan atau peningkatan kasus Covid 19 di luar Pulau Jawa dan Bali. Kota Medan masuk di dalamnya bersama 14 kota lainnya di Sumatera, Kalimantan dan Papua. Penetapan ini sebagai langkah antisipatif.

Gubsu Edy sebut Medan dan 14 kota lainnya segera PPKM Darurat. Atas dasar itu, Gubsu Edy Rahmayadi menyebutkan, antisipasi dari pemerintah daerah terkait informasi penyebaran dan penularan Covid 19 varian Delta, yang perbandingannya 1.000 : 1 dengan varian yang biasa.

“Jadi yang dibahas itu adalah langkah antisipasi, yang disampaikan Pemerintah Pusat. Bahwa yang masuk klasifikasi itu, Kota Medan ada di level 4,” katanya. Untuk ukuran Kota Medan, kriteria level 4 adalah karena ada lebih dari 30 orang per 100 ribu penduduk dalam sepekan dirawat di Rumah Sakit [RS] akibat Covid 19.

Selain itu, ada 5 kasus kematian per 100 ribu penduduk serta lebih dari 150 kasus aktif per 100 ribu penduduk dalam waktu dua pekan.

Dilakukan pembatasan kerumunan [larangan takbir keliling dan shalat di rumah], mengingat dalam waktu dekat akan ada Hari Raya Idul Adha, melibatkan Kepling, Babinsa dan Babinkamtibmas dalam membantu pembagian daging kurban ke rumah-rumah, kerja di kantor sebesar 25%, penyekatan mobilitas masyarakat ke Kota Medan.

Gubernur menejelaskan hal tersebut didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Walikota Medan Bobby Nasution dan Kasdam I/BB Brigjen TNI Dided Pramudito. Terkait pengawasan rencana pemberlakuan PPKM Darurat di Kota Medan, Gubernur mengatakan setidaknya ada 5 pintu [jalan besar] dari dan ke Kota Medan.

Itp-04