Gunung Sinabung kembali meletus. Foto Istimewa

Medan-Intipnews.com:Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meletus [erupsi]. Sebagaimana dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG], Kamis 13 Agustus 2020.

Berdasarkan pengamatan, kolom abu mencapai ketinggian sekitar 1.000 meter di atas puncak. BMKG menyebut kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur, tenggara, dan selatan.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik. Masyarakat diminta waspada karena level Gunung Sinabung saat ini level 3 / siaga.

Rekomendasi bagi masyarakat antaralain tidak melaksanan aktivitas di desa yang sudah di relokasi. Masker juga wajib dipakai jika keluar rumah untuk menghindari dampak dari abu vulkanik. Bagi yang tinggal di dekat sungai juga diminta waspada potensi lahar.

BMKG mengimbau, 1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak GunungSinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

  1. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
  2. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. *Ini

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini