Gunung Sinabung meletus mumuntahkan abu vulkanik. Foto Istimewa

Tanah Karo-Intipnews.com:Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih terus batuk-batuk. Pada Minggu 23 Agustus 2020 pukul 07.41 WIB kembali meletus [erupsi], kali ini memuntahkan awan panas setinggi 1.500 meter dari puncak gunung.

Akibat erupsi ini, desa yang berada di Kecamatan Naman Teran terdampak hujan abu. Warga diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika terpaksa tetap beraktivitas agar menggunakan masker dan pelindung mata.

Menurut data Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, hujan abu mengarah ke tenggara sejauh 1.000 meter. Sementara sebaran abu vulkanis ke arah timur.

“Eruspi ini dengan tinggi kolom 1.500 meter berjarak luncur 1.000 meter ke arah tenggara. Sampai saat ini masih terjadi gempa tremor,” ujar Petugas PVMBG Pos Pemantauan Gunung Sinabung Armen Putra, Minggu siang.

Sedangkan status Gunung Sinabung masih Level 3 Siaga. Warga dilarang mendekati atau memasuki zona merah yang sudah direkomendasikan. “Hindari daerah zona lahar karena masih berpotensi terjadi,” katanya. *Itp-17

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini