Hamir seluruh Jatim diguncang Gempa 6,7 SR,

0
3
Ruma warga di malang rusak akibat gempa 6,1 SR

JatimIntipnews.com:Gempa bumi 6,1 skala richter [SR] berdurasi sekitar 5 detik dan guncangan kedua 30 detik mengguncang hampir seluruh Jawa Timur [Jatim]. Selain Surabaya terasa di Barat Daya Kabupaten Malang, Jatim Sabtu 10 April 2021, pukul 14.00 WIB.

Informasi sementara Intipnews.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Jatim merilis data sementara terkait dampak kerusakan akibat gempa di perairan sebelah Barat Daya Kabupaten Malang. Juga gempa terasa di Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Trenggalek dan Jombang.

Gempa bumi terasa sampai Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan lalu Sumenep, sampai Madiun, Ponorogo, Pacitan, Kota Batu, Tuban, Nganjuk dan Ngawi. Sebelumnya, gempa bermagnitudo 6,1 skala richter mengguncang kawasan pesisir selatan.

Persisnya ada di titik 8,9 lintang selatan 112,48 bujur timur. Gempa ini sendiri berpusat di sebelah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur. Getaran gempa ini terasa hampir di seluruh Jatim, bahkan sampai Madura.

Kerusakan akibat gempa ini terjadi di sejumlah daerah, bukan hanya di Malang saja. Di Kabupaten Malang kantor desa Majangtengah rusak ringan, rumah rusak di Desa Majangtengah dalam pendataan. Puskesmas Kecamatan Bantur.

Berikut di Kabupaten Lumajang korban jiwa 1 orang (tertimpa bongkahan batu] di jalur Lumajang-Malang, luka ringan 1 orang. Pasuruan Masjid Baiturohman Kecamatan Tutur rusak, Blitar, Trenggalek Kantor Kecamatan Durenan rusak, Kantor Desa Cakul, Kecamatan Dongko rusak ringan dan Kota Kediri Gedung 2K Baktiwiyata rusak. * Itp-17