Hampir Semua Sukses KPK Tangkap Koruptor, Peran Masyarakat

0
13
Plt juru bicara KPK, Ipi Maryati. Foto Istimewa

JakartaIntipnews.com:Hampir semua kesuksesan Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] menangkap koruptor, karena peran masyarakat. Demikian dikatakan Plt juru bicara [Jubir] KPK, Ipi Maryati. “Kunci keberhaslan KPK, bermula dari laporan masyarakat,” tambahnya.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Senin 22 Maret 2021, menurut Ipi Maryati dalam membekuk para koruptor, salah satunya karena kepedulian masyarakat dalam melaporkan kasus korupsi.

“KPK cekatan menindaklanjuti pengaduan yang masuk. Apabila bukti awal tindak pidana korupsi sudah cukup kuat,” kata Ipi Maryati belum lama ini. Dari data KPK tercatat sejak 2004 hingga 2020 terdapat 364.052 aduan masyarakat yang diterima KPK.

Jumlah perkara yang telah ditangani KPK berjumlah 1.122 perkara dengan berbagai modus tindak pidana korupsi. Sedang Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwijanto Sudjadi mengatakan, pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan secara sendiri.

Menurutnya, ada peran vital masyarakat dalam berbagai upaya pencegahan maupun pengungkapan kasus oleh KPK. Salah satunya masyarakat melaporkan dugaan korupsi yang diketahuinya kepada KPK. * Tsc