Hari Lahir Pancasila di Asahan, Presiden: Waspadai Rivalitas Ideologi

0
15
Hari lahir pancasila di Asahan, Presiden meminta waspadai rivalitas ideologi

AsahanIntipnews.com:Peringatan hari lahir pancasila secara virtual di Asahan, Presiden RI mengatakan waspadai meningkatnya rivalitas ideologi. “Juga yang harus kita waspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisiantar ideologi transnasional cenderung semakin meningkat.”

Peringatan hari lahir pancasila secara virtual dengan Presiden Joko Widodo Selasa 1 Juni 2021, diikuti Bupati Asahan H Surya, di aula Melati kantor Bupati Asahan, Sumatera Utara.

Upacara peringatan hari lahir pancasila secara virtual kali ini berlangsung sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan [Prokes] pencegahan penyebaran Covid 19.

Peserta upacara yang mengikuti upacara dilaksanakan secara virtual secara terbatas. Antaralain, Bupati Asahan H Surya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, Forkopimda, Sekretaris Daerah [Sekda], Para Asisten dan Beberapa OPD di lingkungan Pemkab Asahan.

Bupati Asahan dan Wakil Bupati [Wabup] bersama para pejabat Forkopimda serta beberapa kepala OPD mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo dalam upacara peringatan hari lahir pancasila dengan tema ‘Pancasila dalam Tindakan, bersatu untuk Indonesia Tangguh’.

Usai mengikuti upacara dengan Presiden RI, Bupati H Surya menyampaikan harapannya agar pancasila bisa menjadi kekuatan bagi bangsa untuk menghadapi pandemi Covid 19 yang tengah melanda Negeri ini.

Semangat gotong royong dalam pancasila bisa diterapkan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid19. “Semangat gotong royong di masyarakat harapannya bisa memutus mata rantai penyebaran Covid 19, khususnya di wilayah Kabupaten Asahan,” kata Surya.

Menurut H Surya, masyarakat harus bahu membahu dan berpartisipasi aktif dalam mencegah penyebaran Covid 19.

Sementara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada amanatnya menyebutkan, peringatan hari lahir pancasila yang diperingati setiap tanggal 01 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Di akhir amanatnya Jokowi mengajak seluruh Aparat Pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila, dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

  • Itp-06