Hentikan Kasus Walikota Tanjungbalai Rp1,3 M, KPK: Senin Periksa Wakil Ketua DPR RI

0
190
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin & Ketua KPK Firli Dahuri. Foto Iastimewa

JakartaIntipnews.com:Di kasus penyidik KPK AKP SR diduga peras Walikota Tanjungbalai Rp1,3 Miliar, muncul nama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin pada konstruksi kasus penyuapan oleh Walikota Tanjungbalai MSy.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Minggu 25 April 2021, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, “Akan diperiksa KPK Senin, kalau tidak ada halangan,” kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK], Firli Bahuri kepada wartawan.

Menurut Firli, Azis adalah orang yang mempertemukan Walikota Tanjungbalai MSy yang sedang disidik atas kasus korupsi, dengan AKP SR sebagai penyidik kasus tersebut. “Secepatnya seperti yang saya bilang tadi. Kalau bisa Senin diperiksa kita periksa, Selasa, secepatnya,” ujar Firli di Gedung KPK, Sabtu 24 April 2021.

Peran Azis Syamsuddin dinilai sangat strategis dalam terjadinya pemerasan dan penyuapan senilai Rp1,3 Miliar itu. Sebagaimana diungkapkan Firli Bahuri saat konfrensi pers penetapan tersangka AKP SR dan Walikota Tanjungbalai MSy, Azis Syamsuddin meminta agar SR membantu menghentikan kasus walikota yang sedang disidik KPK.

Ironisnya, pertemuan tersebut dilakukan di rumah dinas Wakil Ketua DPR RI, yang nota bene operasional di rumah tersebut dibiayai rakyat. Firli menyebut KPK tak akan berhenti mengungkap keterlibatan pihak lain dalam pusaran perkara ini. “Ini akan dan terus digali, ini tidak berhenti sampai di sini,” tukasnya. * Itp-17