Himpas Apresiasi Polres Tapsel-Sidimuan Amankan 740 Kg Ganja

92
Nur Ajijah Simbolon dan David Irawan

Sidimpuan-Intipnews.com:Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Pemuda Solider [PB Himpas] David Irawan, mengapresiasi kinerja Polres Tapanuli Selatan [Tapsel] dan Polres Padangsidimpuan mengungkap kasus narkotika 740 kg ganja dan tindak kejahatan lainnya.

“Pengungkapan kasus narkotika oleh Polres Tapsel dan Polres Padangsidimpuan merupakan sebuah prestasi. Selaku pemuda kami sangat mengapresiasi,” katanya Minggu 8 Maret 2020.

David Irawan saat didampingi Seketaris Umum PB Himpas Nur Ajijah Simbolon menyebutkan, kerjasama yang dijalin baik Polres Tapsel dan Polres Padangsidimpuan dalam menjaga kamtibmas, khususnya dalam pemberantasan Narkoba kejahatan lainnya, cukup baik.

David Irawan dan Nur Ajijah sangat mendukung selogan Kapolda Sumatera U tara Kapoldasu] Irjen Pol Martuani Sormin yang ‘Tak Ada Tempat Bagi Penjahat’ di Sumut.

Sementara Nur Ajijah Simbolon sangat berharap agar pihak kepolisian lebih maksimal lagi dalam memutuskan jaringan peredaran Narkoba di bumi dalihan natolu ini. “Tangkap pelaku utama ratusan kilogram daun ganja tersebut,” katanya.

Menurut Nur, para pelaku tidak dapat ditoleransi lagi sudah sangat mengancam generasi muda di daerah ini. Seperti yang diamankan oleh Polisi dari kota Padangsidimpuan dan Tapsel lebih kurang 740 kilogram ganja.

“Bayangkan berapa banyak masa depan generasi muda yang hancur, kalau barang haram itu sampai beredar bebas. Bahkan saya dengar tersangkanya ada pula perempuan,” ujar mahasiswi akrab dipanggil Nur.

Sebagaimana di-publish Intipnews.com Polres Padangsidimpuan di bawah pimpinan AKBP Hilman Wijaya [saat menjabat Kapolres Sidimpuan] menyita 250 kg Ganja kering dari dua tersangka.

Lalu Jumat 28 February 2020, Tim Huraba Anti Bandit Polres Tapanuli Selatan [Tapsel] mendatangi target di Kelurahan Wek 6, Kecamatan Sidimpuan Selatan, mengamankan ganja seberat 160 kilogram.

Pada Senin 2 Maret 2020, di penghujung temu pisah AKBP Hilman Wijaya digantikan AKBP Juliani Prihartini, sebagai Kapolres pertama wanita di bulan February 2020, juga berhasil mengamankan kejahatan terkait ganja.

Melalui Satresnarkoba Polres Sidimpuan dan Kodim 0212/Tapsel, kembali mengamankan 19 karung berisi ganja sekitar 350 kg. Padangsidimpuan boleh disebut kota kecil yang pendapatan daerahnya bisa disebut masih pas-pasan, namun sudah dikuasai narkotika jenis ganja.

Jika dikalkulasikan dari hasil tangkapan ketiga kegiatan operasional tersebut totalnya sekitar 760 kg yang jika sampai lolos, berapa banyak manyarakat menjadi korban. Kendati bandar narkoba bisa mengantongi banyak keuntungan, yang biasanya perkg ganja bisa laku dijual Rp 1.000.000,-

* Laporan Tantawi Panggabean