HM Jamin Idham Buka Rapat Koordinasi Pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria

12
HM Jamin Idham Buka Rapat Koordinasi
Foto: Istimewa

Nagan Raya-Intipnews: Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu Kabupaten yang pemanfaatan, penggunaan dan penguasaan tanahnya cukup besar dipegang oleh masyarakat dan pihak swasta. Hal ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya untuk melakukan rapat koordinasi pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dengan tema Sosialisasi dan Integrasi, yang dibuka oleh Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham SE, Senin (6/9/2021) di Aula Bappeda Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Menurut Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham SE, pembentukan GTRA dibentuk  berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, dengan tujuan untuk mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam menciptakan keadilan dan Menangani Sengketa dan Konflik Agraria.

| BACA JUGA: Sekda Nagan Raya Ardimartha Buka Rapat Pembentukan UPTD Geunaseh Poma

Hal ini, kata Bupati, untuk menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria melalui pengaturan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah serta menciptakan lapangan kerja, sehingga mengurangi kemiskinan.

Ini semua, jelasnya, memperbaiki akses masyarakat di bidang sumber ekonomi dengan meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan, sehingga dapat memperbaiki dengan menjaga kualitas lingkungan hidup.

“Program GTRA ini dilaksanakan oleh Kementerian Agraria/BPN di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten. Selain GTRA, pemerintah Nagan Raya juga memperhatikan program redistribusi lahan dan kawasan transmigrasi,” ungkap