Humas Pemprovsu Luncurkan Buku Pers

0
120

Buku bercerita pers zaman kolonial sampai milineal. Kini, kata Nurhalim Tanjung, industri 4.0 berdampak pada media cetak, radio dan televisi, kemungkinan mati sangat besar…

Medan-Intipnews.com:Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumatera
Utara [Sumut] meluncurkan buku Bunga Rampai Pers Sumatera Utara, menghimpun perjalanan pers dari zaman kolonial hingga millenial.

Peluncuran berlangsung di Ruang Pers, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan Senin 23 Desember 2019. Buku setebal 353 halaman ini dianggap menambah khasanah referensi tentang sejarah pers Sumut dan membangkitkan semangat pers di tengah kelesuan bisnis media.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan
Siregar mengatakan, buku ini merupakan catatan dari perjalanan pers di
Sumut, mulai dari masa kolonial hingga milenial.

“Di buku ini banyak tokoh-tokoh pers Sumut yang patut untuk menjadi panutan, semangat mereka untuk membangun negara ini, mengabdi kepada masyarakat. Saya harap buku ini bisa memotivasi teman-teman wartawan,” kata Hendra.

Dewan Kehormatan PWI Sumut Nurhalim Tanjung

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia [PWI] Sumut Hermansjah menyebut, sangat sedikit buku yang membahas soal pers di Sumut. Padahal menurutnya Sumut memiliki pers yang punya andil besar untuk kemerdekaan Indonesia.

“Kita harus mengapresiasi buku ini, karena terbit di tengah kekeringan
buku soal pers di Sumut, padahal kita tidak kurang sumber daya penulis
dan sejarahwan. Harusnya buku ini bisa memotivasi kita untuk berkarya,” kata Hermasjah.

Sementara menurut Dewan Kehormatan PWI Sumut Nurhalim Tanjung, industri 4.0 tidak hanya berdampak pada media cetak, tetapi juga radio dan televisi. Nurhalim yang juga redaktur Harian Analisa, menyebut media cetak yang tetap memakai cara tradisional dalam pengelolaannya,
kemungkinan mati sangat besar.

Ketua AJI Medan Liston Damanik menganggap buku ini menjadi referensi bagi pelaku-pelaku media saat ini, belajar kembali dari tokoh-tokoh pers terdahulu yang perjuangannya sangat besar untuk pers Indonesia.

* Laporan Roni Neliati
* Bagikan Berita Ini
#intipnews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini