Uang pecahan 75 Ribu yang diluncurkan pada 17 Agustus 2020. Foto Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:Peringati Hari Ulang Tahun [HUT] RI ke-75, Bank Indonesia [BI] merilis uang rupiah pecahan 75 ribu rupiah. Peresmian pengeluaran dilakukan Gubernur BIPerry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin 17 Agustus 2020.

Namun sebelum diluncurkan dan diperkenalkan kepada masyarakat, penampakan uang tersebut sudah viral di berbagai media sosial dan aplikasi pesan singkat. Dari gambar yang beredar, tampak muka uang baru tersebut bergambar proklamator Republik Indonesia Soekarno-Hatta.

Di bawah gambar proklamator tersebut terdapat gambar moda transportasi yang dibanggakan masyarakat Indonesia yaitu MRT. Uang baru tersebut pecahan Rp 75 ribu. Menariknya, tulisan Rp 75 ribu tersebut seperti terpisah. Angka 75 dengan angka yang besar dan menyusul di belakangnya 000 dengan bentuk yang jauh lebih kecil. Hal ini seperti menunjukan rencana redenominasi dengan memangkas nol.

Sedangkan tampak belakang uang ini adalah gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke. Di dalam dokumen Uang Khusus Logam Bank Indonesia dijelaskan, uang rupiah khusus merupakan uang yang dikeluarkan oleh BI dalam memperingari peristiwa atau tujuan tertentu.

Uang rupiah khusus tersebut memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya. “Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang [uang tersambung],” jelas BI, sebagaimana di-publish media massa. *Itp-17

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini