Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021 dari Arab Saudi, Ini Alasannya…

709
Ilustrasi. Foto Istimewa. Indonesia tak dapat kuota haji 2021 dari Arab Saudi

JakartaIntipnews.com:Indonesia tak dapat kuota haji 2021. Hal ini membuat anggota komisi DPR RI, Abdul Wachid menyesalkan, tidak masuknya Indonesia ke dalam negara yang diizinkan otoritas Arab Saudi untuk mengirimkan jamaah hajinya.

Arab Saudi menyatakan, ada 11 negara yang dapat masuk ke Arab Saudi per-30 Mei 2021. “Indonesia termasuk negara gagal lobi Haji dengan negara Arab Saudi,” kata politikus Gerindra kepada wartawan, Minggu [30/5/21].

Padahal, lanjutnya, Indonesia adalah negara yang paling besar umat Muslimnya di planet bumi ini. Indonesia, negara yang paling besar mendapatkan kuota haji setiap tahunnya, dan daftar tunggu paling banyak.

“Bahkan antrian daftar tunggunya ada di sejumlah provinsi yang paling lama sampai 45 tahun,” ucap Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah ini, sebagaimana dilansir Teropongsenayan.

Wachid menilai, gara-gara pandemi Covid 19 melanda dunia, mungkin jadi alasan negara Arab Saudi melaksanakan aturan batasan haji dengan alasan pembatasan penyebaran wabah Covid 19.

“Tahun 2020 Indonesia tidak mendapatkan kuota haji. Padahal masyarakat berharap tahun 2021 ini bisa berangkat, ternyata Indonesia termasuk negara yang belum mendapatkan izin masuk,” tuturnya.


Adapun, 11 negara yang diperbolehkan masuk tersebut adalah Uni Emirat Arab [UEA], Jerman, Amerika, Irlandia, Italia, Portugal, Inggris, Swedia, Swiss, Perancis dan Jepang. Sejauh ini warga Indonesia belum diizinkan masuk Arab Saudi.

Kesebelas negara ini diizinkan masuk ke wilayah Kerajaan Arab Saudi atas dasar pertimbangan keberhasilan pemerintah mereka dalam menjaga stabilitas situasi epidemik dan efektivitas mereka dalam mengendalikan pandemi Covid 19 di masing-masing negara.

“Stabilitas situasi epidemiologi dan efektivitas pengendalian pandemi di 11 negara diizinkan masuk ke Kerajaan [Arab Saudi], mulai pukul satu pagi [waktu setempat]. Hari Minggu 5 Mei 2021,” tulis akun Twitter @MOISaudiArabia.

Terkait Indonesia yang tidak termasuk dalam daftar negara yang dibolehkan masuk, artinya, peluang bagi calon jamaah haji Indonesia untuk bisa melaksanakan haji pada tahun 2021/1443 H masih menyisakan tanda tanya.

Sebelumnya, Arab Saudi mengumumkan pengunjung asing yang datang melalui udara dari sebagian besar negara tidak perlu lagi karantina jika mereka telah divaksin Covid 19.

Meski begitu, pengunjung dari 20 negara lain, termasuk Amerika Serikat, India, Inggris, Jerman, Prancis dan Uni Emirat Arab tetap dilarang memasuki kerajaan, di bawah langkah-langkah untuk mengekang penyebaran virus corona.