Ilustrasi. Saat berlangsung pernikahan. Foto Istimewa

Sidimpuan-Intipnews.com:Pengusaha jasa pelaminan untuk sebuah pernikahan anak manusia, maupun entertaiment musik keyboard tidak perlu bimbang, setelah beredar isu dan kabar burung mulai 28 September 2020 Walikota melarang pesta, horja [pesta] adat pernikahan, ulang tahun, pelantikan dan lainnya.

Yang benar di atas 28 September 2020, mulai berlaku Peraturan Walikota [Perwal] no.28 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan [Prokes], sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

Informasi dihimpun Intipnews.com Minggu 20 September 2020, di peraturan tersebut dijelaskan bagi pemilik/ tuan rumah yang hendak mengadakan pesta, membuat surat pemberitahuan terlebih dahulu dan ditujukan kepada gugus tugas. Demikian dijelaskan dua pengusaha pelaminan, entertaiment musik keyboard dan teratak, Darma Siregar dan Parlin Harahap.

Namun, sebut Darma dan Parlin, petugas piket posko gugus tugas menyebutkan, agar setiap warga yang akan mengadakan pesta membuat surat pemberitahuan ke gugus tugas.
Tuan rumah dan tamu wajib memakai masker serta menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, minimal satu untuk 50 orang.

Menyusun jarak tempat duduk minimal 1 meter per orang,” kata Darma menirukan penjelasan petugas gugus tugas. Terpisah, Kabag hukum Pemko Padangsidimpuan Muhammad Erwin menerangkan, di dalam Perwal No.28 tahun 2020 itu tidak ada bab atau pasal yang spesifik mengatur tentang pelarangan pesta.

Perwal itu berisikan imbauan dan ajakan bersama memutus mata rantai penularan Covid 19, tata cara penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi, dan sanksi bagi setiap orang atau badan usaha yang melanggarnya.

“Perwal ini bertujuan meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sekaligus untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat luas,” kata Erwin.*Itp-09

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini