Ini Sosok Ketua TPN 2 di Siantar Sumut

0
159
Ketua pelaksana Temu Penyair Nusantara [TPN] 2, Ubaidillah Al Ansori

Medan-Intipnews.com:Ini sosok Ketua Pelaksana emu Penyair Nusantara [TPN] 2. Dia lahir di kota Pematangsiantar 13 juni 1995, berperawakan sedang ukuran muda milinial, santun, hormat dan berkarakter dewasa dalam pemikiran. Konsisten berkesenian, seni sastra dan teater.

Ubaidillah Al Ansori namanya, tinggal di Kota Pematangsiantar. Menyelesaikan studi di FKIP UMSU S1 jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, melanjutkan studi di Institut Seni Indonesia [ISI] Padang Panjang, Sumatera Barat [Sumbar] untuk jenjang S2 jurusan Pengkajian Seni Teater.

Berperan serta di penggiat literasi puisi Sumatera Utara [Sumut] serta Sumbar, pendiri komunitas literasi sastra Fokus UMSU 2016-2017. Aktif sebagai penulis puisi, cerpen, esai dan acap sebagai narasumber diskusi, bedah buku sastra, seminar sastra di Riau, Sumbar dan Sumut.

Karya-karyanya telah diterbitkan melalui media cetak Kompas, Singgalang, Medan Bisnis, Waspada, media lokal lainnya dan Nusantara. Beberapa puisinya termaktub dalam antologi puisi seperti Pada Mula Hidup yang Lama [2016] 6,5SR Luka Pidie Jaya [2017]  Gempa Aceh 5,03-6,4 SR [2017].

Penggagas TPN 2, Dari belakang Dr Umar Zein Seniman yang juga Dosen Fakultas Kedokteran UISU, Siamir Marulafau seniman yang Dosen FIB USU, Ubaidillah penyair dan Ketua TPN 2, Tantawi Panggabean seniman dan wartawan, serta As Atmadi juga seniman dan wartawan senior tidak kelihatan

TPN 2 Akan Dihadiri Penyair Nusantara dan Asia

Berikut Menderas sampai Siak [2017], Buitenzorg Bogor dalam puisi Penyair Nusantara [2017], Jejak Kata 80 Tahun LK ARA [2017], Jejak Air Mata [2017], Metafora dari Rahim Batu [2018]. Tulisannya masuk dalam buku Apa dan Siapa Penyair Indonesia [2017], Efitat kota hujan [2018].

Pendiri Tugu Satra Siantar [2018] sekaligus menggelar Temu Penyair Nusantara I berlokasi di altar seni Tugu seni Becak siantar [2018 dengan puisi Tunggalnya Setungkul Benang.

Di awal tahun 2020 ini kembali akan berkolobrasi dengan penyair senior Sumut sepert Dr Umar Zein, Siamir Malaufau dosen Sastra USU, Raudah Jambak, Aprion Labsas Taman Budaya Medan, Tantawi Panggabean penyair dan penggiat teater Sidimpuan, As Atmadi wartawan senior dan seniman, serta Penyair senior Nusantara Tengku Zainuddin.

Para seniman tersebut memberi kepercayaan kepada Ubaidillah Al Ansori sebagai Ketua pelaksana Temu Penyair Nusantara [TPN] 2 yang dijadwalkan di minggu kedua bulan Juli  tahun 2020.

Direncanakan dan menyatakan akan hadir, para penyair dari Riau, Sumbar, Jawa Barat, Aceh Jakarta, Maluku,  dari Korea, Thailand, India, dan Malaysia turut berpartisipasi di TPN 2 Siantar Sumatera Utara [Sumut]. Menyusul para penyair lainnya.

  • Laporan Tantawi Panggabean

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini