Wabup Sergai Darma Wijaya mengalungkan tanda peserta pelatihan

Sergai-Intipnews.com:Inspektorat Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara menggelar pelatihan meningkatkan pemahaman penyusunan program kerja pengawasan tahunan [PKPT] di Hotel Sibayak Berastagi Kabupaten Karo, Selasa, 12 November 2019.

Wakil Bupati [Wabup] Sergai  H Darma Wijaya pada kesempatan itu menyebutkan, dengan berjalannya reformasi birokrasi, telah terjadi perubahan paradigma pengawasan terhadap pemerintah daerah.

Inspektorat selaku APIP yang sebelumnya hanya berperan sebagai Watchdog [penjaga/pengawas], saat ini dituntut untuk dapat berperan sebagai Quality Assurance [penjamin kualitas] serta Consulting [konsultan] bagi organisasi.

Hanya Inspektorat satu-satunya dari organisasi perangkat daerah [OPD] yang secara rutin setiap tahunnya melakukan upaya pengembangan kompetensi SDM. “Semoga dari pertemuan hari ini, semakin memperkuat kerjasama dan semangat kita dalam meningkatkan kegiatan pelatihan kantor sendiri,” ungkap Darma.

Dari pelatihan Wabub berharap, dapat meningkatkan pemahaman terhadap pengawasan berbasis kinerja menjadi semakin baik sehingga diperoleh langkah-langkah yang kongkrit dalam upaya meningkatkan sistem pengendalian intern yang efektif dan efisien.

Dalam laporannya Inspektur Sergai H Gustian menyebutkan, tujuan kegiatan ini agar kedepannya Inspektorat Sergai dapat melaksanakan audit kinerja dan penyusunan PKPT berbasis risiko sehingga terwujud program kegiatan yang efektif  dan efisien. Pelatihan ini digelar Selasa 12-Jumat 15 November 2019.

  • Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini