Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat . Foto Istimewa

Medan-Intipnews.com:“Realisasi investasi yang matang dapat menciptakan lapangan kerja baru serta memberikan multiplier effect pada perekonomian yang secara eksplisit dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menekan tingkat pengangguran,” ucap Wiwiek.

Hal itu diungkapkan Kepala Perwakilan BI [KPw BI] Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat pada
sosialisasi North Sumatera Invest [NSI], Quick Response Code Indonesian Standard [QRIS], dan Penyerahan Token of Appreciation Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI, Selasa 22 September 2020.

Rangkaian sosialisasi yang digelar KPw BI Sumut ini dihadiri para Kepala Daerah maupun yang mewakili, di wilayah kerja KPw BI Sumut, yaitu Medan, Binjai, Tebingtinggi, Deliserdang, Karo, Serdangbedagai, Langkat, Dairi, dan Pakpak Bharat.

Sosialisasi ini turut mengundang perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara dan perwakilan Bappeda Provinsi Sumatera Utara sebagai tim teknis North Sumatra Invest.

Guna mendukung pencegahan risiko penyebaran Covid 19, pelaksanaan sosialisasi dilakukan dengan sangat memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, investasi merupakan salah satu komponen terpenting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Saat ini Provinsi Sumatera Utara, merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di Indonesia.

Selain itu, Sumatera Utara telah berhasil memposisikan diri sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Sumatera dengan kontribusi sebesar 24,35% pada triwulan 2 tahun 2020, serta merupakan pintu gerbang Wilayah Barat Indonesia.

Di samping itu, NSI berupaya memberikan kemudahan bagi investor dalam hal perizinan usaha melalui digitalisasi perizinan. Beberapa concern utama investor atas kondisi iklim investasi di Indonesia yakni regulasi investasi [45%], ketersediaan infrastruktur [20%], tenaga kerja [18%], kondisi sosial [7%], dan sebagainya [9%]. *Itp-04

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini