Jalan Lintasan Asahan-Toba Longsor, Sangat Bahaya…

0
25
Jalan lintasan Asahan-Toba longsor, sangat Membahayakan. Foto Istimewa

AsahanIntintipnews.com:Jalan Lintasan Asahan-Toba longsor, sangat membahayakan bagi kendaraan yang melintas. Demikian disebutkan warga yang rutin melintas jalan longsor tersebut.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Kamis 3 Juni 2021, longsornya jalan lalulintas Kabupaten Asahan-Kabupaten Toba berada di tikungan menuju tanjakan. Bagian ini menurut warga, sangat berbahaya karena bagian kiri jalan adalah jurang. Bahkan bagian yang longsor memakan setengah badan jalan.

Pasnya berada di kilometer 2 Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. “Sebenarnya longsor jalan ini sudah terjadi sejak awal April 2021,” sebut warga.

Awalnya, lanjutnya, hanya sedikit tetapi karena tidak ada perbaikan, lama-lama semakin lebar dan panjang. “Kami khawatir kalau tidak ada langkah apa pun dari pihak yang berwenang,” ujar salah seorang warga Aek Songsongan, Kamis 3 Juni 2021.

Kondisi ini semakin mengkhawatirkan karena banyaknya truk tonase besar yang melewati jalan longsor tersebut. Padahal jalan itu hanya bisa dilewati kendaraan tonase maksimal 8 ton.

“Truk tonase 35 ton yang mengangkut sawit setiap saat melintas di sini. Kemudian truk pengangkut tanah putih yang tonase di atas 16 ton juga melintas. Belum lagi truk pengakut material bangunan dengan tonase berat juga banyak lewat,” kata Anto warga Aek Songsongan, sebagaimana di-publish media massa.

Akibat longsor, jalan hanya bisa dilalui satu bagian saja. Kendaraan khususnya roda empat harus bergantian jika ingin melintas di jalan yang longsor menciptakan lubang besar menganga.

Untuk itu warga berharap agar ada perbaikan jalan dan selanjutnya menertibkan kendaraan yang jauh melebihi ketentuan. “Truk-truk besar melintas di daerah kami semakin membuat jalanan rusak. Sudah banyak lubang di sana sini. Tapi yang utama kami minta perbaikan jalan yang longsor ini dulu, karena sangat membahayakan. Ini kan jalan penghubung kabupaten,” ucap Doni warga Bandar Pulau.

Dijelaskan warga, titik jalan longsor yang harus dilewati ini sangat berbahaya untuk dilalui kenderaan bermuatan berat. Hal itu menjadi riskan dan bisa dapat membuat badan jalan akan kembali ambrol, membuat lubang semakin besar dan putus total.

  • Itp-17