Jamalum Berutu Ketua SMSI Dairi-Pakpak Bharat 2021-2026

0
15
Jamalum Berutu Ketua SMSI Dairi-Pakpak Bharat 2021-2026. Erris serahkan mandat

MedanIntipnews.com:Jamalum Berutu, Ketua SMSI Kabupaten Dairi-Pakpak Bharat, Sumatera Utara periode 2021-2026. Menurut Sekretaris SMSI Sumut Erris J Napitupulu, pemberian mandat ke Jamalum Berutu sesuai hasil rapat mandatori SMSI Sumut 21 April 2021.

“Hari ini saya menyerahkan mandat Ketua kepada Jamalum Berutu, untuk seterusnya pembentukan struktur pengurus SMSI Dairi Pakpak Bharat periode 2021-2026,” kata Ketua SMSI Zulfikar Tanjung diwakili Erris J Napitupulu, di Jalan Panglima Denai, Medan, Kamis [27/5/21].

Usai penyerahan mandat, Erris berharap, segera dapat mengembangkan SMSI di Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. “Segera mensosialisasikan eksistensi SMSI berserta programnya kepada semua instansi pemerintahan,” tukas Erris.

Sesungguhnya, menurut Erris, SMSI adalah lembaga yang merupakan konstituen Dewan Pers sebagaimana PWI, IJTI, AJI dan organisasi pers lainnya.” Karena bersentuhan dengan Dewan Pers, organisasi SMSI ini harus dijalankan dengan benar. SMSI harus bermanfaat bagi masyarakat.

Kepada Jamalum, sambung Erris, benar-benar menjalankan fungsi SMSI dengan baik sebagai organisasi profesi. Mengembangkan perusahaan media siber yang bernaung di SMSI, sesuai amanah Undang-Undang Pers dan aturan Dewan Pers.

“Jalinlah hubungan kerjasama dengan pemerintah, TNI, Polri dan stakeholder, demi kepentingan masyarakat luas,” kata Erris. SMSI juga berperan untuk mengingatkan kepada media agar menjauhkan diri dari publisitas berita-berita hoaks.

“SMSI beperan dalam membina media di daerah, menyiapkan berbagai surat-surat, sesuai aturan yang berlaku bagi perusahan pers yang legal. Agar melengkapi badan usaha yang sah dan terdaftar sebagai perusahaan pers,” pesannya.

Bagi media yang tidak berbadan hukum dan memiliki legalitas, akan riskan dan mudah terjerat hukum, apalagi saat ini UU ITE sangat ketat. “Melalui SMSI, ajaklah teman-teman media menyajikan berita-berita ke publik yang menaati kaidah-kaidah jurnalistik yang baku, dan smart,” tandasnya.

Sementara Jamalum Berutu, mengucapkan terima kasih kepada SMSI Sumut yang memberikan mandat kepada dirinya. Ia pun akan segera menyusun pengurus SMSI di Dairi-Pakpak Bharat.

Terkait hal-hal menyangkut kaidah-kaidah jurnalistik dan fungsi media siber, Jamalum sepakat menjadi tugas dirinya untuk mensosialisasikannya ke pengurus dan anggota SMSI Dairi Pakpak Barat.

  • Itp-04