Jangan Lepas Masker Hanya untuk Berfoto

8
Jangan Lepas Masker
Ilustrasi. (ist)

JakataIntipnews: Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengingatkan, masyarakat tak boleh kendor menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Ia menyinggung masyarakat yang kerap melepas masker walaupun satu menit demi berfoto bersama.


“Jangan lepas masker hanya untuk berfoto. Foto bersama cuma 1 menit lalu melepas masker, padahal ada satu hal yang selalu mengintai kita kalau kita lengah,” ujar dia dalam acara webinar bertajuk “Hoaks, Fakta, Sains, Pejuang Isoman Covid-19, Sabtu 7 Agustus 2021.


Masyarakat bukan hanya perlu taat mengenakan masker, termasuk saat berada di luar rumah, akan tetapi harus senantiasa tetap rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas demi mencegah terpapar Covid-19 dan tidak berkontribusi pada peningkatan kasus di masyarakat.


Menurut Nadia, lonjakan kasus pandemic Covid-19 beberapa bulan lalu, antaralain akibat tingginya mobilitas orang-orang dan mulai lengahnya mereka pada prokotol kesehatan.

“Peningkatan kasus yang sangat signfikan, yakni akibat lengahnya protokol kesehatan ditambah mobilitas kita yang tinggi. Masyarakat kendor dengan protokol kesehatan. Restoran ramai kembali, mulai makan bukan hanya bersama keluarga tetapi bersama teman-teman, rapat tanpa protokol kesehatan jaraknya sudah tidak 1 meter lagi,” kata dia.


Di sisi lain, berbeda dari tahun lalu, saat ini muncul berbagai varian virus akibat mutasi yang terjadi, salah satunya varian Delta. Varian ini lebih cepat menular dengan risiko penularan 60 persen lebih tinggi dari varian Alfa atau virus aslinya (yang berasal dari Wuhan, Cina). Varian Delta juga meningkatkan jumlah kasus yang membutuhkan perawatan, menurunkan efektivitas vaksin walau sampai saat ini vaksin yang ada masih efektif melawan virus termasuk varian Delta. *itp 04/Rep