Jatuh Tempo, Bangunan Eks Harian Portibi Dihancurkan

0
10

MedanIntipnews.com:Saat ini tim terpadu Satpol PP menghancurkan sejumlah bagian bangunan eks Harian Portibi [foto] yang tak berizin di Jalan Ahmad Yani, di depan Gedung Warenhuis. Ini pembongkaran kedua, karena sudah jatuh tempo, dan pemilik bangunan tak mau mengikuti aturan Pemko Medan.

Bangunan ini tak mendapatkan Surat Izin Mendirikan Bangunan [SIMB] karena sudah diubah, tidak sesuai dengan bentuk aslinya. “Maka kita bongkar,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang [DPKPPR] Kota Medan, Benny Iskandar.

Diketahui, kawasan Kesawan masih banyak berdiri bangunan bersejarah, akan direvitalisasi guna dikembalikan ke bentuk semula oleh Bobby Nasution. Terkait itu, Walikota menindak tegas pemilik bangunan yang tak mau mengikuti aturan Pemko Medan.

Terkait bangunan eks Harian Portibi yang mulai dihancurkan, sebelumnya sudah bermusyawarah dengan pemilik bangunan dan memberi tempo hingga Senin [6/4/21]. Jika tidak diindahkan memenuhi surat izin dan aturan yang belaku akan dibongkar.

Padahal, kata Benny, pemilik bangunan sudah diberikan contoh berupa foto bangunan sebelumnya yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan Kota Medan. Tetapi tetap tidak diindahkan. Penegakan hukum terhadap kawasan cagar budaya pun benar-benar dilakukan oleh Walikota Medan.

Informasi dihimpun Intipnews.com, Kamis 8 Apri 2021, bangunan Eks Harian Portibi ukuran 4,5 m x 16,25 m dan bangunan 4 m x 13, 25 m sudah mulai dibongkar. Satpol PP merobohkan sejumlah sudut bangunan, dari bawah dengan excavator dan di lantai atas bangunan dihancurkan secara manual dengan palu.

  • Laporan Roni Neliati