Jumat Bersih Awal 2020 di Pasar Simalingkar

0
84
Para pedagang penuh semangat bergotong royong bersih-bersih di program Jumat Bersih

Medan-Intipnews.com:Jajaran PD Pasar Kota Medan terus saja membersihkan pasar-pasar tradisional, melalui gotong-royong Jumat Bersih secara rutin dilaksanakan sejak tahun 2019.

Jumat Bersih saat ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di tahun 2020. “Ini Jumat Bersih perdana tahun ini. Jumat Bersih ini juga tindak lanjut dari perlombaan bersih-besih pasar tahun lalu,” kata Direktur Utama [Dirut] PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya, Jumat 3 Januari 2020.

Saat menghadiri Jumat Bersih, Rusdi didampingi Direktur SDM Arifin Rambe dan Kacab II Jalil Muhammad. Menurut Rusdi Sinuraya, gotong-royong Jumat Bersih ini merupakan program rutin PD Pasar Kota Medan. Program ini juga bagian dari instruksi Plt Walikota Medan Akhyar Nasution.

Kepala Cabang Instruksikan Kepala Pasar

“Sasarannya bagaimana menciptakan Medan Rumah Kita dan Pasar Rumah Pedagang ini bersih, asri dan nyaman,” kata Rusdi. Antara motto Kota Medan dan motto PD Pasar dalam menata kebersihan ada benang merah.

“Kalau Pak Plt Walikota konsentrasinya melaksanakan pembangunan kota secara luas. Tapi konsentrasi kita adalah penataan pasar tradisional agar terlihat bersih dan nyaman,” sebut Rusdi.

Menurutnya, gotong-royong Jumat Bersih dilaksanakan secara serentak di tiga Cabang PD Pasar Kota Medan. Untuk tahun ini, kegiatan apel pagi dilaksanakan hanya satu kali setiap minggu, yang tahun lalu dua kali seminggu.

Tahun ini, sambung Rusdi, apel hanya hari Senin saja. Dan hari Jumat dilaksanakan gotong royong Jumat Bersih di pasar tradisional. Setiap kepala cabang berkewajiban menginstruksikan kepala-kepala pasar di bawah naungannya untuk turun langsung melaksanakan kegiatan Jumat Bersih.

Diawali Apel Pagi dan Pengarahan

“Kegiatan ini juga merupakan sarana pengelola pasar untuk lebih dekat dengan  para pedagang, agar lebih mudah dan lancar menampung berbagai aspirasi yang muncul. PD Pasar ibarat bapak untuk menerima keluhan-anak-anaknya,” tukas Rusdi.

Jumat Bersih di Pasar Simalingkar dipimpin langsung Direktur SDM PD Pasar Medan Arifin Rambe dan Kacab II Jalil Muhammad. Hadir pada kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB itu seluruh kepala pasar di bawah naungan cabang II dan para staf Pasar Simalingkar.

Jalil Muhammad menyebutkan, pada Jumat Bersih kali ini pihaknya melakukan pengorekan drainase yang tersumbat di lingkungan pasar. Mengutip sampah plastik dan menyapu lingkungan pasar.

Sebelum gotong-royong, Direktur SDM PD Pasar Medan Arifin Rambe melakukan apel pagi di Pasar Simalingkar dengan memberikan pengarahan-pengarahan kepada kepala-kepala pasar.

  • Laporan Roni Neliati
  • Bagikan Berita Ini                                                          #intipnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini