Jusuf Kalla: Bagaimana Kritik Jokowi Tak Dipanggil Polisi

0
41
Presiden RI Jokowidodo. Foto Istimewa

“PKS sebagai partai yang oposisi tentu mempunyai kewajiban untuk melaksanakan kritik terjadi balancing. Tanpa adanya kontrol, pemerintah tidak dapat berjalan dengan baik…”

Jakarta-Intipnews.com:“Walaupun mendapat berbagai kritik beberapa hari lalu, presiden mengumumkan ‘silakan kritik pemerintah’. Tentu banyak pertanyaan, bagaimana caranya mengkritik pemerintah tanpa dipanggil polisi. Ini tentu menjadi bagian dari upaya kita,” kata Jusuf Kalla [JK].

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla mengatakan hal itu saat berbicara dalam acara Mimbar Demokrasi Kebangsaan yang dihelat Fraksi PKS DPR secara virtual, Jumat [12/2/2021]. JK turut menangapi pernyataan Presiden Jokowi ‘silakan kritik pemerintah’, sebagaimana di-publish luas media massa.

Pernyataan itu sebelumnya disampaikan Presiden Jokowi dalam acara laporan akhir tahun Ombudsman RI, pekan lalu. Menurut JK, polemik mengenai pernyataan Presiden itu mendapat pro-kontra tanggapan di masyarakat. Banyak pertanyaan muncul dari pernyataan itu.

JK juga menyinggung Indeks Demokrasi Indonesia yang turun sejak 14 tahun terakhir. Menurut JK, masalah utama demokrasi hanya satu, yaitu karena biaya yang mahal. “Demokrasi kita terlalu mahal,” kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.