Ilustrasi. Istimewa

Jakarta-Intipnews.com:WhatsApp memastikan kalau layanan pengiriman pesannya itu tak bisa lagi dipakai di sejumlah perangkat jaman dulu [jadul], tepatnya pada Februari 2020 mendatang.

Dilansir dari Independent, Kamis 12 Desember 2019, jutaan pengguna WhatsApp dipastikan tak akan bisa menggunakan layanan pengiriman pesan itu setelah 1 Februari 2020 mendatang.

Sebab WhatsApp bakal menghentikan dukungan terhadap sejumlah sistem operasi jadul pada ponsel. Dalam laman dukungan di situs resminya, layanan milik Facebook tersebut mendata sistem operasi mana saja yang tak lagi didukung dalam waktu dekat.

Perangkat dengan OS yang terdampak tak bisa lagi membuat akun baru ataupun memverifikasi ulang akun yang sudah ada. Untuk iOS, versi yang tak lagi didukung oleh WhatsApp adalah iOS 8 dan versi sebelumnya, yang tak bisa lagi memakai WhatsApp pada 1 Febuari 2020 mendatang.

Sebagai informasi, iOS 8 adalah OS yang pertama diperkenalkan oleh Apple pada 2014 lalu. “Untuk pengalaman paling baik, kami merekomendasikan Anda menggunakan versi iOS yang terbaru di ponsel anda,” tulis WhatsApp di postingan blognya.

Sementara untuk Android, versi yang tak lagi didukung adalah Android versi 2.3.3, atau lebih dikenal dengan nama Gingerbread. Versi OS ini tak lagi didukung dan penggunanya tak bisa membuat akun baru ataupun memverifikasi akun lamanya di ponsel dengan OS tersebut.

Dibanding iOS 8, usia Android Gingerbread jauh lebih tua, karena ia pertama dirilis pada 2010. Sementara iOS 8 dirilis pada 2014. Jadi bisa diasumsikan, akan lebih banyak perangkat iOS yang terdampak dari keputusan WhatsApp ini.

Jadi untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp setelah 1 Februari 2020, pengguna setidaknya harus menggunakan iOS 9 ataupun Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada iPhone ataupun ponsel Androidnya.

WhatsApp pun memutuskan untuk tak lagi mendukung semua versi Windows Phone pada 31 Desember 2019 mendatang, demikian dikutip detikINET dari Independent, Kamis [12/12/2019]

  • Bagikan berita ini 

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini