Kadis Kesehatan: Belum Ada Warga Kota Gunungsitoli Terinfeksi Covid-19

0
112
Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser J Napitupulu

Gunungsitoli-Intipnews.com:Hingga saat ini belum ada warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara yang terinfeksi Corona Virus Disiase [Covid 19], tetapi masyarakat diminta tetap waspada dan tidak resah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser J Napitupulu ketika dihubungi melalui telepon seluler, Rabu 18 Maret 2020.

“Kemarin ada informasi simpang siur terkait ada warga yang terinfeksi Covid 19, dan kita pastikan itu tidak benar dan belum ada yang terinfeksi Covid 19 di Kota Gunungsitoli hingga kini,” ucapnya.

Dia meminta warga Kota Gunungsitoli tidak mudah percaya informasi informasi yang tidak jelas sumbernya dan Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli terus melakukan langkah antisipasi.

“Saat ini kita tetap melakukan tindakan antisipasi dan kita berharap masyarakat bisa menjaga diri sendiri dan jangan terlalu takut dengan Covid 19,” harapnya.

Ditanya mengenai rumah sakit rujukan untuk pasien terinfeksi Covid 19, menurut Kadis Kesehatan tersebut, hingga kini belum ada rumah sakit rujukan pasien Covid 19 di Kepulauan Nias.

“Hingga kini belum ada rumah sakit rujukan buat pasien terinfeksi Covid 19 di Kepulauan Nias, tetapi Rumah Sakit Umum [RSU] Gunungsitoli sudah bersedia dan telah mempersiapkan diri secara darurat,” ujarnya.

RSU Gunungsitoli menurut Kadis Kesehatan wajib mempersiapkan diri, karena pasien terinfeksi Covid 19 di Pulau Nias akan sulit untuk dirujuk ke Medan. Bahkan dia memastikan apabila pasien terinfeksi Covid 19 membludak dan tidak bisa ditampung Rsu Gunungsitoli, maka Rs Bethesda wajib menangani dan menyiapkan ruang isolasi

“Jika Rumahsakit Gunungsitoli dan Rumahsakit Bethesda tidak bisa menampung, kita akan menggunakan ruang isolasi yang ada di Puskesmas-Puskesmas,” ucapnya.

* Laporan Irwanto Hulu

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini