Kampung Budaya Banjar Diresmikan di Sergai

69

Sergai-Intipnews.com:Sebagai upaya melestarikan kebudayaan lokal sekaligus mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa, khudusnya Budaya Banjar, Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Serdangbedagai [Sergai] meresmikan Kampung Budaya Banjar di Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan, baru-baru ini [foto].

Bupati Sergai H Soekirman menyebutkan, sebelumnya di Sergai juga telah diresmikan Kampung Budaya Jawa, Kampung Budaya Melayu, dan dalam waktu dekat juga akan diresmikan Kampung Budaya Bali, Batak, Minang, Aceh, Sunda, Banten, Mandailing, dan suku lainnya dalam rangka melestarikan budaya, bahasa serta adat istiadat.

Warga Banjar di Sergai, lanjut Bupati,  selalu menerapkan pepatah Bakayuh Baimbai
atau mengayuh bersama-sama yang bermakna menanggung pekerjaan bersama-sama atau gotong royong.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, melalui zoom meeting menyambut baik dan mengapresiasi atas peresmian Kampung Budaya Banjar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sergai beserta jajaran atas perhatiannya pada suku Banjar, dan selamat atas peresmian Kampung Budaya Banjar ini. Semoga kedepannya dapat melestarikan budaya khas khususnya Banjar agar tetap eksis dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya, Rabu [12/8].

Kegiatan dimeriahkan atraksi penyambutan tamu dengan berbalas pantun, penampilan tarian daerah khas banjar, silat, penyerahan bibit cemara, pameran, serta panen raya padi bersama.

* Laporan M Yamin Nasution