Kasus OTT Walikota Medan Eldin Disidangkan 5 Maret

63

Perkara ini ketika Walikota Eldin menerima uang Rp 130 juta dari Isa Ansyari, sebagai imbalan mengangkat Isa sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Medan. Juga Terkait ke Jepang Eldin membawa anak, istri dan kroni…

Medan-Intipnews.com:Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri [PN] Medan menjadwalkan persidangan Walikota Medan Nonaktif, Tengku Dzulmi Eldin Kamis 5 Maret 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan Panitera Muda Tindak Pidana Korupsi [Tipikor]  PN Medan Junain Arief, kepada wartawan, Selasa 25 Februari 2020 di PN Medan. Lanjut Junain pihak pengadilan telah menunjuk Wakil Ketua PN Medan, Abdul Aziz selaku Ketua Majelis Hakim Tipikor.

Sedangkan Ahmad Sayuti dan Eliyas Silalahi, masing-masing selaku hakim anggota. Ia juga menuturkan majelis hakim Walikota Medan nonaktif ini sama dengan Mantan Kasubag Protokoler, Syamsul Fitri Siregar. Untuk Syamsul, sidangnya akan digelar pada Senin 2 Maret 2020.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] menetapkan Walikota Medan periode 2014-2015 dan 2016-2021, Tengku Dzulmi Eldin sebagai terdakwa kasus dugaan suap terkait dengan proyek dan jabatan pada Pemerintah Kota Medan tahun 2019.

Eldin ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari dan Kepala Bagian Protokoler Kota Medan Syamsul Fitri Siregar.

Perkara ini bermula ketika Walikota Eldin menerima uang sejumlah total Rp 130 juta dari Isa Ansyari. Uang tersebut sebagai imbalan karena Eldin mengangkat Isa sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Medan.