Tebingtinggi-Intipnews.com:Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan [foto], melakukan pertemuan dengan Balai Wilayah Sungai Sumatra [BWSS] 2, Rabu 14 Oktober di Medan, terkait kelanjutan rencana normalisasi dan pengendalian banjir di Sungai Padang, Tebingtinggi Sumatera Utara.

Kunjungan Walikota bersama Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Kadis PU Rusmiyati Harahap dan Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik diterima Kepala BWSS Maman Noprayamin beserta tim. “Kita dari Pemerintah Kota [Pemko] Tebingtinggi ingin tindak lanjut program pengendalian banjir Kota Tebingtinggi,” kata Umar Zunaidi.

Dijelaskan Umar, di tahun-tahun sebelumnya sudah disusun sedemikian detail, tetapi waktu itu karena mendekatnya masa akhir Presiden Jokowi, tidak jadi dikerjakan karena program strategis nasional tersebut membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang panjang.

“Hari ini kita datang untuk menanyakan kapan di follow up. Kita telah melakukan pertemuan dan dapat informasi ada kajian baru lagi tentang pengendalian banjir ini dengan melibatkan beberapa sungai yaitu Belawan, Deli, Percut dan Sungai Padang Tebingtinggi,” ungkap walikota.

Kepala BWS Sumatera 2 Maman Noprayamin menyebutkan, saat ini sedang dilaksanakan studi desain oleh Kementerian terkait penanganan Sungai Padang. Banjir ini tentunya ada beberapa aspek yang harus dilihat karena seperti lahan dan berbagai masalah yang terkait dengan banjir.

Terkait penyodetan Sungai Padang ke Sungai Bahilang, tukas Maman Noprayamin, jangan sampai dengan penanganan sudetan ini nanti tidak secara utuh bermanfaat bagi masyarakat. “Kemungkinan kami akan melihat prioritas penanganan dalam jangka pendek apa yang harus dilakukan di Sungai Padang,” tuturnya. * Itp-04

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini