Kampus Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara di Medan. Foto Istimewa

Medan-Intipnews.com:Sebagaimana dilansir  laman www.dikti.go.id, Selasa 18 Agustus 2020, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara [UMSU] berada pada peringkat No.1 [pertama] perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara.

Hal tersebut diumumkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi [Ditjen Dikti] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan [Kemendikbud Republik Indonesia, terkait klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2020.

UMSU  masih mempertahankan posisinya  sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara  terakreditasi A. Menurut Kepala LLDIKTI Wilayah I, Prof Dian Armanto, rilis dari Kemendikbud tersebut merupakan sebuah indikasi yang diambil seperti input dari perguruan tinggi, kemudian proses, tata kelola akademik dan output atau hasil dan yang terakhir adalah outcome.

Prof Dian Armanto menambahkan berdasarkan kriteria tersebut perguruan tinggi mengisi data, kemudian dilakukan penilaian dan selanjutnya di ranking dan dilakukan klasterisasi.

Pada aspek proses terdapat 9 indikator yang digunakan antara lain Akreditasi Institusi, Akreditasi Program Studi, Pembelajaran Daring, Kerjasama perguruan tinggi, Kelengkapan Laporan PDDIKTI, Jumlah Program Studi bekerja sama dengan DUDI, NGO atau QS Top 100 WCU by subject,

Jumlah Program Studi melaksanakan program merdeka belajar, Jumlah mahasiswa yang mengikuti Program Merdeka Belajar. Pada aspek output, terdapat empat indikator yang digunakan antara lain jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian, kinerja kemahasiswaan, jumlah program studi yang telah memperoleh Akreditasi atau Sertifikasi International. *Itp-17 

 

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini