Kementerian Koperasi Laksanakan Pelatihan UMKM di Medan

0
101
Suasana pelatihan UMKM

BinjaiIntipnews.com:Kementerian Koperasi dan UMKM RI melaksanakan pelatihan pelaku UMKM di Hotel Saka Medan, 20-22 Mei 2021. Menurut Perwakilan Kementerian dan UMKM RI dari Jakarta Yusmoyo, pelatihan dilaksanakan pada tiga kelas.

Pelatihan vocational bagi usaha mikro di sektor home décor dan Good Manufacturing Practice [GMP], serta pembinaan manajemen mix. Pelatihan dibuka oleh Kadis Koperasi dan UMKM Prov.insi Sumatera Utara Suherman. Kamis, 20 Mei 2021, dihadiri Kadis Koperasi dan UMKM Kota Binjai Eka Edi Saputra.

Kementerian Koperasi dan UMKM diwakili Yusmoyo menekankan penting sistem manajemen yang trampil, profesional, terutama sistiem digitalisasi. Menurut Yusmoyo usaha mikro di Indonesia 63 persen yang ketangguhannya sudah teruji di masa pandemi Covid 19.

Untuk itu Kementerian Koperasi dan UMKM RI melakukan berbagai pelatihan dengan kurikulum disesuaikan sebagai tuntutan dari PP No.7 tahun 2021. Disebutkan, Kementerian Koperasi dan UMKM melakukan pelatihan dengan data peserta yang mendaftar secara langsung melalui online.

”Data itu nantinya akan tersimpan di Kementerian Koperasi dan UMKM. Sehingga dapat dibina secara terarah,” ujarnya. Sebab ada beberapa dasar yang harus menjadi perhatian pelaku UMKM di Indonesia, sebagai nilai kemajuan UMKM di Indonesia.

Yusmoyo mengakui pelatihan yang diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara dan terpusat di Medan, dengan tiga katagori. Dua katagori yakni vocational home décor dan GMP khusus pelaku UMKM kota Binjai. Sedangkan bidang vocational pengembangan marketing mix pesertanya dari berbagai daerah Sumatera Utara

Kadis Koperasi dan UMKM kita Binjai Eka Edi Saputra menjelaskan, sejumlah 60 pelaku UMKM Binjai mengikuti pelatihan home décor dan GMP diselenggarakan 20-22 Mei 2021 di Medan. Diharapkan mampu meningkatkan kualitas manajemen dan produk UMKIM kota Binjai.

Dijelaskan Kadis Koperasi dan UMKM Sumatera Utara Suherman, pelatihan yang diselenggarakan Kementerian UMKM di Medan guna memberikan manajemen usaha kearah yang lebih propesional.

Apalagi produk UMKM di Sumatera Utara beraneka ragam dan diperlukan sistem manajemen yang baik, sehingga produk UMKM Sumut mampu mencapai skala anasional dan produknya mampu bersaing untuk ekspor.

  • Laporan Riza Nilwansyah