Soekirman menyerahkan buku kepada bupati Jember di depan stad Sergai di Jember. Disaksikan Ketua Komnas HAM Taufan Damanik

Jember-Intipnews.com:Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara memiliki komitmen, mengutamakan HAM dalam menjaga dan meningkatkan proses pembangunan. Demikian dikatakan Bupati Sergai. H Soekirman di Jember, Jawa Timur 21 November 2019.

Diketahui, H Soekirman, menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan Festival hak asasi manusia [HAM] 2019 dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur [Jatim] 19 hingga Kamis 21 November 2019.

Dalam paparannya saat  diskusi paralel yang berjudul ‘Implementasi Kabupaten/Kota Peduli HAM’, Bupati Soekirman mengharapkan festival HAM ini bisa menjadi awal penghubung budaya dan kearifan lokal sebagai basis pembangunan yang menjunjung tinggi HAM dalam prosesnya.

Pulau Berhala dan Wisata Pantai

Dalam paparan Bupati djelaskan Kabupaten ‘Tanah Bertuah Negeri Beradat’ berkomitmen menjaga dan meningkatkan proses pembangunan yang mengutamakan nilai HAM.

Seperti halnya Kabupaten Jember dengan berbagai kebijakannya yang menginspirasi dan layak dijadikan contoh di mana praktik penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM di Jember telah mencakup berbagai hak baik hak anak, perempuan, lansia, ketenagakerjaan, dan disabilitas,” tutur Soekirman.

H Soekirman sebagai narasumber di Festifal HAM

Bupati menambahkan, keikutsertaan Pemkab Sergai dalam kegiatan Festival HAM ini juga ditambah dengan pembuatan stand pameran yang menampilkan produk unggulan dan kegiatan-kegiatan bertema HAM, destinasi wisata di Kabupaten Sergai serta prestasi dan penghargaan yang telah diraih kabupaten.

Sedangkan untuk wisata andalan yang dikenalkan antara lain Arung Jeram Ancol, Pemandian Batu Nongol, Pulau Berhala, Desa Wisata Tani Melati II, Wisata Heritage, Untuk Wisata Pantai yaitu Mutiara 88.

Buku ‘Surat dari Medan‘ Untuk Bupati Jember

Juga wisata unggulan Woong Rame, Bali Lestari, Pondok Permai, Sri Mersing, Cermin Theme Park, Cemara Kembar, Sialang Buah, Romantis dan Wisata Mangrove. Di samping itu Pemkab Sergai juga mengenalkan sejumlah produk UKM.

Kegiatan Festival HAM 2019 sendiri dibuka oleh Bupati Jember Hj Faida, dan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik yang dihadiri oleh para pegiat HAM berasal dari dalam dan luar negeri serta beberapa kepala daerah.

Di sela-sela acara peninjauan stand pameran Kabupaten Sergai, Bupati Soekirman berkesempatan memberikan cendera mata berupa buku yang berjudul ‘Surat dari Medan‘ karya Bupati Sergai kepada Bupati Jember Hj Faida dan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam rombongan Pemkab Sergai, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Kadis Pendidikan Joni Walker Manik, Kabag Hukum Setdakab Basyaruddin, dan Kabag Umum Safransyah Nasution.

  • Laporan M Yamin Nasution

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini