Korupsi Tanjungbalai, Penyidik KPK Dipecat, Ini yang Terlibat

0
3
Korupsi di Tanjungbalai, selain penyidik KPK Dipecat [foto], Siapa Lagi Terlibat

Walikota MSy, Advokad MH, Penyidik KPK SRP ditahan. Wakil Ketua DPR AS diproses hukum, Lili Pintauli segera Diperiksa

JakartaIntipnews.com:Terkait Korupsi di Tanjungbalai, penyidik KPK dipecat, lalu siapa lagi yang terlibat. Tersebut nama-nama Walikota Tanjungbalai, Wakil Ketua DPR, Advokad, dan Lili Pintauli Siregar segera diperiksa.

Berawal dari dugaan kasus korupsi di Pemko Tanjungbalai, Sumatera Utara berbuntut panjang dan terus bergulir. Paling anyar, Dewan Pengawas [Dewas] Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] memutuskan Penyidik KPK asal Polri, AKP SRP diberhentikan [dipecat].

Informasi dihimpun Intipnews.com, sebelumnya AKP SRP telah dijadikan tersangka suap Walikota Tanjungbalai MSy  Rp1,3 miliar. Dewas  kemudian menyatakan SRP terbukti bersalah karena melanggar kode etik sebagai insan lembaga antikorupsi. 

Pembacaan keputusan itu dibacakan Ketua Dewan Pengawas [Dewas] KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, Senin 31 Mei/21]. “Menghukum terperiksa dengan saksi berat diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai KPK,” tegas Hatorangan.

AKP SRP dalam sidang putusan pelanggaran etik oleh Dewas disebutkan, ternyata telah menikmati uang suap senilai Rp 1,6 miliar selama bekerja di KPK. 

“Terperiksa SRP telah menikmati hasil dari perbuatannya berupa uang kurang lebih sejumlah Rp1.697.500.000,” kata anggota Dewas KPK Albertina Ho saat persidangan di Kantor Dewas KPK, Jakarta Selatan.

Albertina menyebut tidak ada hal yang dapat meringankannya. Dewas pun resmi memberhentikan SRP dari jabatannya sebagai salah satu pegawai KPK secara tidak hormat.

Sebagaimana di-publish media massa disebutkan Ketua KPK Firli Bahuri, uang suap yang diterima SRP dari Walikota Tanjungbalai MSy, agar kasus korupsi di Tanjungbalai yang melibatkan Msy tidak naik ditahap penyidikan KPK. 

Sebagai aktor, ungkap Firli pula, yang mempertemukan SRP dengan MSy supaya dapat membantu menghentikan perkara korupsi di Tanjungbalai itu, yakni Wakil Ketua DPR Fraksi Golkar AS. Selain MSy dan SRP KPK turut menetapkan MH selaku advokat sebagai tersangka di kasus suap Walikota Tanjungbalai ini.

Tidak sampai di situ, Dewas KPK sedang mengusut soal kabar tentang Walikota MSy yang disebut sempat menghubungi Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar. Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan akan segera memperiksa Lili Pintauli Siregar dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua KPK.