Kota Padangsidimpuan Lokus Program Sekolah Penggerak Angkatan Ke-II Tahun 2022

6
Kota Padangsidimpuan Lokus Program Sekolah
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, menandatanganani Nota Kesepahaman antara Direktorat Jendral Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah pada Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendik Ristek) dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan di Aula Kantor Walikota, Rabu, (8/9/2021). (Foto: Ist)

SidimpuanIntipnews: Kota Padangsidimpuan terpilih menjadi tempat atau lokus dari Program Sekolah Penggerak Angkatan Ke-II untuk tahun 2022-2023, yang perencanaannya dimulai pada tahun 2021.

Untuk menyukseskan program tersebut, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH menandatanganani Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah pada Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendik Ristek) dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan di Aula Kantor Walikota, Rabu (8/9/2021).

Walikota dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kemendik Ristek yang sudah menetapkan Kota Padangsidimpuan sebagai sasaran atau locus dari Program Sekolah.

“Pemko Padangsidimpuan berkomitmen penuh terhadap program ini dan siap bersinergi dan berkolaborasi, agar program Sekolah Penggerak berjalan sukses di Kota Padangsidimpuan,” ujarnya.

Kadis Pendidikan Kota Padangsidimpuan M Luthfi Siregar dalam laporannya mengatakan, program Sekolah Penggerak adalah program untuk meningkatkan mutu pendidikan, sejalan dengan visi misi pendidikan di Indonesia, untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Sementara itu, Drs Syahdian MSi sebagai perwakilan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) menjelaskan, pada tahun 2021 ada 2 angkatan program sekolah penggerak yaitu Sekolah Pengerak I dan Sekolah Pengerak II.

“Untuk Sekolah Penggerak I sudah berjalan di TA 2021-2022 di antaranya di Kabupaten Deliserdang, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Karo, Mandailing Natal dan Kota Medan, dengan sasaran 186 sekolah,” paparnya.

Sementara untuk tahun 2022 yang termasuk Sekolah Pengerak Angkatan Ke-II yang proses perencanaannya dimulai tahun ini, sudah ditetapkan Kota Padangsidimpuan bersama dengan kabupaten/kota lainnya di Sumut yaitu Kota Binjai, Sibolga, Kabupaten Dairi, Nias Selatan, Nias Utara, Labuhanbatu Selatan, Tapuli Tengah, Padanglawas Utara dan Kabupaten Tapunuli Selatan. * Hadiansyah Panjaitan