Gunungsitoli-Intipnews.com:Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara sosialisasi tentang pendaftaran pemantau pemilu, lembaga survei dan hitung cepat pada pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli tahun 2020.

“Hingga saat ini belum ada lembaga pemantau, lembaga survei dan hitung cepat yang mendaftar di KPU Kota Gunungsitoli, padahal pendaftaran ditutup tanggal 2 Desember 2020,” ungkap Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Fazarman Zalukhu mewakili Ketua KPU di De Pakar Resto, Rabu 14 Oktober 2020 [foto].

Pada acara tersebut, dia mengatakan KPU Kota Gunungsitoli berharap peran serta lembaga- lembaga yang dimaksud, tetapi lembaga lembaga tersebut wajib memenuhi persyaratan independen dan memberitahu sumber dana apabila mendaftar.

“Lembaga survei, jajak pendapat atau hitung cepat kita harap dapat menyajikan informasi calon dan situasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli saat ini, agar dapat menjadi pedoman bagi masyarakat khususnya pemilih menentukan pilihannya,” harap dia.

KPU Kota Gunungsitoli telah menerima desain Alat Peraga Kampanye [APK] dari Paslon dan telah difinalisasi atau ditetapkan, dan kini sedang proses pengadaan. Kemudian KPU Kota Gunungsitoli saat ini sedang melakukan perekrutan Kelompok Petugas Pemungutan Suara [KPPS], dan kini sedang berlangsung.

Ilustrasi.

“Walau di beberapa desa Tempat Pemungutan Suara [TPS] belum memenuhi kuota, pendataran terus berlangsung dan tidak tertutup kemungkinan dilakukan perpanjangan,” jelasnya

Menurut dia, setelah KPPS ditetapkan, KPU Kota Gunungsitoli akan melakukan rapid tes kepada KPPS pdan melalui Walikota Gunungsitoli memohon agar Pemerintah Kota Gunungsitoli menfasilitasi.

Kemudian dia memberitahu KPU Kota Gunungsitoli sudah melakukan perekrutan relawan demokrasi, diharapkan mampu mendongkrak partisipasi pemilih, dan KPU juga telah melakukan pemuktahiran data pemilu.

Di lokasi yang sama, Walikota Gunungsitoli yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbagpol] Kota Gunungsitoli Abdul Majid Chaniago mengaku Pemko Gunungsitoli sangat menghargai sosialisasi yang dilakukan KPU Kota Gunungsitoli.

“Kami pihak pemerintah tetap siap memback-up atau menfasilitasi semua pelaksanaan tahapan pemilu dan kami mengimbau seluruh masyarakat untuk memanfaatkan hak pilihnya dengan baik dan benar pada pemilihan tanggal 9 Desember 2020,” ajaknya.

  • Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini