Gunungsitoli-Intipnews.com:Komisi Pemilihan Umum [KPU] Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menetapkan pemilih Kota Gunungsitoli untuk Pemilihan Walikota dan Waakil Walikota Gunungsitoli 2020 pada Daftar Pemilih Tetap [DPT] sejumlah 88.727 pemilih.

Jumlah DPT Kota Gunungsitoli ditetapkan KPU Kota Gunungsitoli pada rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan [DPSHP] dan penetapan DPT tingkat Kota Gunungsitoli pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli di Grand Kartika Resto, Gunungsitoli, Kamis 15 Oktober 2020 [foto].

Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Novrianus Gea mengatakan proses perbaikan Daftar Pemilih Sementara [DPS] sudah dilakukan dan KPU telah melakukan tahap sinkronisasi dengan Bawaslu, sehingga hari ini dilaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP untuk ditetapkan menjadi DPT.

Menurut dia, hasil penetapan DPT ini akan disampaikan kepada Panitia Pemungutan Suara [PPS] melalui Panitia Pemilihan Kecamatan [PPK] untuk diumumkan mulai tanggal 26 Oktober sampai 6 Desember 2020.

“Masyarakat yang terdaftar dalam DPT mempunyai hak untuk memberikan hak pilihnya pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli 9 Desember 2020. Dan kami sudah bekerja keras sejak bulan Agustus 2020 hingga hari ini, sehingga kita dapat melakukan rapat pleno penetapan DPT saat ini,” terangnya.

Suasana Rapat Pleno Terbuka di Gunungsitoli

Kemudian dia mengumumkan pemilih sementara hasil perbaikan yang selanjutnya ditetapkan pada DPT, yaitu jumlah pemilih laki-laki 41.960, jumlah pemilih perempuan 46.767 dan seluruhnya pemilih laki laki dan perempuan di Kota Gunungsitoli berjumlah 88.727.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli Endra Amri Polem menegaskan, rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT adalah momen akhir penetapan DPT, sehingga pada kesempatan terakhir ini sebelum DPT ditetapkan masih bisa dilakukan perbaikan. Sebab DPT adalah acuan berhasilnya pemilu di suatu daerah.

“Mari semua menyampaikan perbaikan- perbaikan pada rapat pleno ini, dan kami butuh masukan masukan. Sebab jika DPT telah ditetapkan, maka akan sangat sulit diubah lagi,” jelasnya.

  • Laporan Irwanto Hulu

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini